MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Jangan Perlakukan Ini Pada Sepeda Motor

Sebagai pengendara yang setiap harinya berkutat dengan motor dan lalu lintas, pastinya kita sudah menganggap motor sebagai teman yang setia menemani. Saking kenalnya dengan motor sendiri, bahkan mita jarang membaca buku panduan sejak beli motor, bahkan mungkin ada sebagian dari matickers yang lupa menaruh buku panduan motor entah dimana. Terkadang, tanpa sengaja kita melakukan kesalahan yang rutin dan sebenarnya pantang diperlakukan pada motor. Mungkin karena merasa terbiasa, akhirnya kesalahan demi kesalahan kita lakukan tanpa sengaja. Nah, berikut ini adalah 10 kesalahan yang kerap sering kita lakukan tanpa sengaja :
1. Jangan perlakukan motor seenaknya

Mitos kalau motor baru harus dipacu pada kecepatan minimal mungkin pernah kita lakukan. Namun siring perkembangan teknologi, motor era modern nampaknya lebih mudah digunakan dan tak lagi perlu mengenal istilah Inreyen.

2. Memanaskan mesin terlalu lama

Di era motor injeksi, hal ini juga termasuk perlakuan yang salah. Karena sebenarnya kita cukup melakukan pemanasan terhadap mesin selama 1-2 menit saja. Kini memanaskan mesih hanya akan membuang bahan bakar secara percuma.

3. Males mengecek motor sebelum digunakan

Jarang diantara kita yang memeriksa kondisi motor sebelum menjalankannya. Seperti mengecek tekanan ban, mengecek lampu, indikator bensin, atau kenyamanan. Terkadang kita akan kaget saat di jalan mendapati motor yang tersendat kemudian mogok, atau kehabisan bensin.

4. Membuka gas terlalu besar ketika menstarter motor

Tak perlu melakukan hal demikian. Kebiasaan seperti ini hanya akan membuat mensin menjadi susah hidup karena campuran tidak stabil, yaitu udara banyak bensin sedikit.

5. Menekan tombol electric starter secara berulang

Saat menyalakan mesin, terkadang kita mendapati motor tidak menyala, entah mesinnya terlalu dingin atau ada permasalahan dengan suplai arus listrik. Hal yang paling sering kita lakukan adalah menekan tombol stater secara berulang-ulang.
Setiap kali tombol starter ditekan, tidak diperbolehkan lebih dari 5 detik. Apabila mesin belum juga hidup, hentikan penekanan selama kurang lebih 5 detik. Kemudian ulangi kembali. Jika mesin tetap tak mau hidup setelah 3-4 kali penekanan, gunakanlah kick starter agar kendaraan anda dapat hidup.

6. Takut aki cepat habis, tak pernah memakai electric starter sekalipun

Ini kebalikan dari point no 5 tadi, banyak dari kita yang menganggap bahwa menyalakan mesin dengan tombol stater akan mengurangi kapasitas aki. Ini yang salah, yang terjadi adalah apabila kita tidak pernah memakai electric starter adalah elektronik yang behubungan dengan mesin akan menjadi macet.

7. Membuka gas terlalu besar pada gigi 1

Jangan lakukan ini pada perseneling (gigi) 1, karena hal ini akan membuat mesin menghentak dan Rotary Per Menit (RPM) akan mengalami beban berlebih. Hal yang harus dilakukan adalah membuka gas perlahan dan masuk pada gigi 2.

8. Kaki selalu menekan pedal rem

Pedal rem yang terus tertekan selama berkendara akan mengakibatkan kanvas rem manjadi cepat habis dan juga dapat mengakibatkan mesin meraung. Bukan hanya rem dan mesin, namun kopling juga akan sedikit tertarik. Jika ini terus dibiarkan maka akan mengakibatkan terjadinya ‘slip’ di antara pelat kopling yang membuat motor tidak bertenaga dan kopling menjadi aus.

9. Menekan kopling saat melawati jalan berliku

Dengan menekan kopling pada saat menikung dan kecepatan tinggi dapat menimbulkan bahaya karena kendaraan akan menyelonong dan sulit dikendalikan. Hal ini diakibatkan karena jika kita menekan kopling saat berkendara, kendaraan tak ubahnya seperti dalam keadaan netral (0 = “nol”). Seharusnya ketika sedang berada di tikungan adalah dengan mengurangi kecepatan baik dengan pengereman maupun mengurangi gigi.

10. Anti pakai choke ketika starter

Walaupun motor injeksi sudah tak lagi memakai choke, namun bagi matickers yangnmemasih menggunakan motor berkarburator, ada baiknya saat memanaskan mesin, gunakanlah choke agar bahan bakar terdistribusi dengan baik.

Semoga tips tersebut bermanfaat.
Tag : CUB, MATIC, Motor, SPORT
0 Komentar untuk "Jangan Perlakukan Ini Pada Sepeda Motor "

Back To Top