MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Perawatan Motor Injeksi Dengan Cara Berikut

Pasti kalian sudah tahu bahwa merawat motor lebih sulit dibandingkan dengan membeli motor yang hanya dateng ke dealer, pilih motor, bayar, dan beres. Terlebih motor yang beredar saat ini sudah menganut sistem injeksi.
Seperti yang kita ketahui, sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi memerlukan perawatan yang berbeda dari sepeda motor yang masih menggunakan karburator. Namun pada intinya, perawatan ini fungsinya menjaga kinerja motor untuk mencegah terjadinya kerusakan di bagian injektor.
Berikut tips sederhana berdasarkan pengalaman penulis dan sharing dari mekanik langganan tempat servis motor.
Melakukan Servis teratur
Utamanya memantau kondisi ECU dan beberapa komponen lain. ECU atau Electronic Control Unit merupakan komponen utama dalam motor injeksi. Bisa dikatakan ini adalah otak sistem injeksi. Jika ECU bermasalah, kinerja motor bisa terganggu. Selain ECU, hal yang wajib diperhatikan ketika melakukan servis adalah kondisi aki dan busi. Servis rutin ini dapat kita lakukan minimal dua bulan sekali tergantung penggunaan motor.

Gunakan BBM Non Subsidi
Pilihlah bahan bakar yang mempunyai nilai Research Octane Number (RON) di kisaran 90 keatas. Karena kalau kita menggunakan bahan bakar subsidi, akan meninggalkan kerak atau sisa pembakaran yang tidak sempurna di sistem injeksi dan kerak ini dapat menyumbat lubang injektor.

Waktu Pergantian ganti oli
Oli berperan penting dalam menjaga performa mesin. Jangan sampai kita lupa untuk melakukan pergantian oli. Motor injeksi wajib ganti oli sesuai aturan yang ada. Setidaknya tiap 3.000 km atau sesuai dengan kebutuhan berkendara.

Hindari Tangki Bahan Bakar Kosong
Jika tangki dalam keadaan kosong, kotoran alias kerak yang ada pada tangki bisa terserap dan menganggu kinerja mesin. Dan hal bahayanya yaitu terjadinya fuel pump yang terbakar. Maka untuk mencegah itu tidak terjadi, disarankan untuk mengisi BBM di tangki jika sudah tersisa seperempat.
Semoga informasi ini dapat sedikit membantu dan bermanfaat.
0 Komentar untuk "Perawatan Motor Injeksi Dengan Cara Berikut"

Back To Top