MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Mulai Aus

Mengecek performa mesin sangat mudah, untuk mengetahui kondisi motor bekas.
Kampas kopling memiliki fungsi yang signifikan dalam menentukan performa sepeda motor. Komponen ini adalah penyalur tenaga mesin ke transmisi. Jadi, kondisi kampas kopling harus tetap prima demi tenaga kendaraan yang maksimal.
Bagaimana jika komponen ini mulai rusak? Apa saja ciri-cirinya? ada beberapa ciri kampas kopling mulai rusak.
"Rasanya kalau naik tanjakan kadang-kadang terasa ada bunyi yang tidak normal seperti gas kosong yang meraung,"

karena transfer tenaga dari mesin ke transmisi tidak maksimal. Jadi, meski tak mempengaruhi kecepatan maksimal, waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya akan lebih panjang.
Ciri lainnya dapat diketahui saat motor mulai dinyalakan menggunakan kick starter. "Kadang kalau koplingnya habis diselanya agak susah. Kurang `gigit`, atau terasa jadi enteng,"
Kampas kopling sebetulnya akan aus pada waktunya. Tapi ada beberapa faktor yang membuatnya menjadi lebih cepat rusak. Salah satunya adalah tak rutin mengganti oli. Pasalnya, kampas kopling memang harus direndam oli agar awet.
"Kalau olinya kurang, kampas kopling kepanasan, haus. Kalau sudah haus ya jadi cepat habis," tambahnya.

Adapula ciri lain, selain yang telah disebutkan di atas. Dua ciri lainnya adalah kopling slip serta putaran mesin tinggi karena kampas mulai licin.
Tag : Engine, Motor, SPORT
0 Komentar untuk "Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Mulai Aus"

Back To Top