MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Rangka Sepeda Motor

Kestabilan dan kekuatan body motor tidak terlepas dari frame atau rangka sepeda motor. Kerangka motor ini sebagai tempat menempelnya komponen-komponen motor. Umumnya mesin berada di dalam rangka ini dan tersambung dengan fixed. Namun komponen kaki kaki dan suspensi seperti lengan ayun dan garpu sok depan terhubung dengan rangka melalui semacam persendian yang memungkinkan kedua komponen tersebut bergerak.

Rangka sepeda motor juga berfungsi melindungi komponen-komponen sensitif sepeda motor saat terjadi benturan. Rangka motor itu banyaknya macamnya.
Jenis rangka sepeda motor
Single cradle frame
Rangka single cradle adalah rangka sepeda motor paling awal dan memiliki bentuk yang paling sederhana. Ciri-ciri rangka single cradle adalah dikelilingi oleh pipa logam. Pipa utama yang terletak diatas umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dibanding pipa lainnya. Jenis motor yang paling banyak menganut sistem rangka single cradle adalah motor off road dan motor harian untuk type sport.
Double crade frame
Rangka double cradle merupakan pengembangan dari rangka single cradle dengan modifikasi pada penambahan jumlah pipa penyangga mesin. Rangka jenis ini diyakini lebih kaku, lebih kuat dan lebih ringan dibandingkan dengan rangka single frame karena pemakaian pipa berdiameter lebih kecil. Walaupun sekarang banyak tergantikan oleh jenis rangka perimeter, rangka double cradle banyak di pakai pada sepeda motor harian jenis sport dengan cc besar.
  Half-duplex single cradle
Adalah rangka double Cradel dengan dudukan mesin single , tulang punggung (spile) tunggal serta down tube tunggal .
Full duplex double cradle
Adalah rangka double Cradel dengan dudukan mesin rangkap dua, tulang punggung (spile) rangkap dua serta down tube rangkap dua.

Perimeter frame
Rangka perimeter ini paling banyak digunakan pada motor sport modern. Ada yang menyebut rangka jenis ini sebagai twin spar frame atau juga twin tube. Konsep dasar desain rangka perimeter adalah memperpendek jarak antara setang setir dan lengan ayun, dengan tujuan agar segala macam efek-efek mekanika bahan pembuat rangka seperti elastisitas serta getaran akibat raungan mesin yang sedang dipacu dapat diminimalisasi sehingga dapat menambah ke kakuan (rigidity) sepeda motor.
Trellis frame
Monocoque frame
Rangka monocoque atau rangka monokok bisa dibilang rangka multi fungsi. Selain menjalankan fungsi rangka pada umumnya, rangka monocoque bisa berfungsi sebagai tangki bahan bakar.

Backbone frame 

Rangka backbone terdiri dari pipa utama tunggal yang menjadi tempat mesin menggantung. Rangka ini cukup sederhana dan ekonomis. Biasanya para perancang juga menambah batang pipa dibagian depan yang mengarah kebawah untuk membantu menyangga mesin.
Demikialah informasi jenis rangka sepeda motor, semoga bermanfaat.
Tag : CUB, Frame, MATIC, SPORT
1 Komentar untuk "Mengenal Rangka Sepeda Motor"

Back To Top