Mengecek
performa mesin sangat mudah, untuk mengetahui kondisi motor bekas.
Kampas kopling memiliki fungsi yang
signifikan dalam menentukan performa sepeda motor. Komponen ini adalah penyalur tenaga mesin ke
transmisi. Jadi, kondisi kampas kopling harus tetap prima demi tenaga
kendaraan yang maksimal.
Bagaimana jika komponen ini mulai rusak? Apa saja ciri-cirinya? ada beberapa ciri
kampas kopling mulai rusak.
"Rasanya kalau naik tanjakan kadang-kadang terasa
ada bunyi yang tidak normal seperti gas kosong yang meraung,"
karena
transfer tenaga dari mesin ke transmisi tidak maksimal. Jadi, meski tak
mempengaruhi kecepatan maksimal, waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya akan
lebih panjang.
Ciri
lainnya dapat diketahui saat motor mulai dinyalakan menggunakan kick starter. "Kadang kalau
koplingnya habis diselanya agak susah. Kurang `gigit`, atau
terasa jadi enteng,"
Kampas
kopling sebetulnya akan aus pada waktunya. Tapi ada beberapa faktor yang membuatnya menjadi
lebih cepat rusak. Salah satunya adalah tak rutin mengganti oli. Pasalnya,
kampas kopling memang harus direndam oli agar awet.
"Kalau olinya kurang, kampas kopling kepanasan, haus. Kalau sudah haus ya
jadi cepat habis," tambahnya.
Adapula ciri lain, selain yang telah
disebutkan di atas. Dua ciri lainnya adalah kopling slip serta putaran mesin tinggi karena kampas mulai licin.
0 Komentar untuk "Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Mulai Aus"