MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Alat Pengubah Transmisi Motor Manual Jadi Matik

Motor jenis bebek, sport, atau cruiser lazimnya dibekali dengan sistem transmisi manual. Untuk mengendarai motor bebek, pengendara cukup mengubah posisi gigi transmisi menggunakan kaki kiri.

Sementara itu, untuk tipe sport, cruiser, dan lainnya (kecuali motor bertransmisi matik), pengendara harus menarik tuas kopling sebelum memindah gigi.

Meski dianggap lebih macho dan gagah ketimbang transmisi matik, namun ada kalanya pengendara motor tersebut merasa lelah. Hal ini, terutama dirasakan saat berkendara di kemacetan.

Dilansir dari Therideadvice, Senin 29 Februari 2016, hal inilah yang menjadi alasan perusahaan Biperformance Development Corporation (BDC) untuk menghadirkan alat pengubah transmisi.

Alat yang diberi nama ShiftFX Electronic Shift Transmission (EST) berfungsi mengubah transmisi manual menjadi otomatis dan semi otomatis. Pihak BDC mengklaim, EST dapat dipasang di semua jenis dan merek sepeda motor.
Cara kerja EST adalah dengan memanfaatkan sebuah komponen hidrolik untuk menarik, atau mendorong tuas transmisi. Sebuah alat juga dipasang pada rumah transmisi, yang fungsinya untuk menarik kabel kopling.

Pada mode semi otomatis, pengendara cukup menekan tombol untuk memindah gigi. Sementara itu, saat mode otomatis, semua perpindahan gigi berlangsung secara otomatis.

Sayangnya, pihak BDC tidak memberi tahu, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk alat tersebut, serta apakah dipasarkan secara global, atau hanya wilayah tertentu saja. 
0 Komentar untuk "Alat Pengubah Transmisi Motor Manual Jadi Matik"

Back To Top