MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

MOTOR STANDART Anda Nembak-nembak, Ini Cara Penanganannya

Sering kita dengan di jalan raya ada sepeda motor yang kenalpotnya berbunyi, duar-duar. Memang tidak nyaman di dengar apalagi apalagi kalau motor itu sedang kita kendarai. 
Penyebab bunyi ledakan pada knalpot demikian, akibat pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna.  Ledakan tak enak didengar itu bisa saja terjadi baik sepeda motor carburator biasa atau sudah menggunakan teknologi lebih canggih seperti PGM-FI dari Honda.
Jika sepeda motor anda mengalami hal demikian, itu mudah diatasi sehingga perjalanan akan tetap nyaman dan tidak terganggung suara ledakan yang gak perlu. 
Ada beberapa penyebab yang harus dikenali supaya mudah cara penanganannya, terutama bila carburator PGM-FI sudah dibersihkan dan distel semestinya masih saja terjadi tembakan. Bisa jadi, biang keroknya karena paking knalpot motor. 
Paking knalpot memiliki fungsi penahan kebocoran kompresi antara leher knalpot dengan blok head mesin. Ketika terjadi bocor, pasti ada udara yang masuk sehingga campuran bensin dan udara tidak akan sempurna. Jika rasio bensin dan udara lebih banyak udara dapat dipastikan, pembakaran tidak sempurna dan terjadilah yang disebut dengan efek knocking alias nembak, alias bunyi duar-duarr.
Cara menanggulangi paking knalpot sepeda motor yang mengalami kebocoran, tentu saja harus diganti.  Komponen kecil tersebut harganya cukup murah, tidak bikin kantong bocor. Pemasangannya juga simpel, cukup buka leher knalpot dan pasang paking knalpot di tempatnya. Yaitu di sela-sela antara leher knalpot dan header. Kalau mau lebih kuat, lapisi dulu paking knalpotnya dengan sealant. 
Namun demikian, ukuran paking knalpot berbeda-beda sesuai merek dan  tipe motornya. Maka carilah varian sepeda motor yang sama. Selamat mencoba....!!!! 
Tag : CUB, Engine, MATIC, Motor, SPORT
0 Komentar untuk "MOTOR STANDART Anda Nembak-nembak, Ini Cara Penanganannya"

Back To Top