MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Ban Motor Matik Tidak Cocok Gunakan Nitrogen


Tekanan angin dalam ban ada dua jenis, yaitu angin biasa dan angin nitrogen. Umumnya pengendara berpikir nitrogen lebih baik dari angin biasa. Namun ternyata tidak semua jenis motor cocok menggunakan ban dengan tekanan angin nitrogen.

Angin nitrogen lebih cocok untuk motor besar, dan untuk motor yang digunakan jarak jauh. Karena nitrogen memiliki molekul yang ringan, dingin dan lebih stabil.

"Karena dia (nitrogen) membantu, yang bikin panas (ban) ini kan napak gesekan ban sama aspal, kalau berat (bobot motor) kan dia makin besar tuh tumpuan (ban) nya, jadi kalau sama nitrogen ini dia lebih dingin, jadi lebih ringan," 

Sebaliknya untuk motor kecil seperti matik dan bebek yang punya bobot ringan, molekul pada nitrogen yang ringan dan dingin tersebut, justru akan membuat motor terlalu enteng.

"Dia (motor) terasanya lebih ngambang, karena enteng (molekul nitrogen) sama suhunya dia kan dingin, lebih lama panasnya, sedang kan ban ini butuh suhu kerja biar dia lebih lengket," 

Jika ban dengan angin nitrogen hanya dipakai untuk jarak dekat saja, juga akan menimbulkan ketidak nyamanan.

"Kalau kita cuma stop and go, pergi dekat-dekat doang, akhirnya suhu kerjanya tidak tercapai, suhunya masih dingin akhirnya kurang lengket dengan aspal.
Tag : CUB, Frame, MATIC, Motor, Roda, SPORT
0 Komentar untuk "Ban Motor Matik Tidak Cocok Gunakan Nitrogen"

Back To Top