MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Bahaya Mencampur Nitrogen dan Oksigen

Tempat pengisian nitrogen untuk ban semakin marak, terutama di kota-kota besar. Biasanya tempat pengisian nitrogen ini ada disekitaran  Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).
Mengisi ban pakai nitrogen ini dianggap lebih baik daripada pakai oksigen atau angin biasa. Dengan diisi nitrogen tekanan ban jadi lebih stabil sehingga cengkeram ke aspal lebih maksimal. Selain itu, nitrogen juga tidak menimbulkan oksidasi sehingga tidak membuat pelek cepat karatan.
 Namun yang jadi masalah adalah ketika susah menemukan tempat pengisian nitrogen, kemudian ban kurang angin, lalu ban yang sudah diisi nitrogen iisi dengan oksigen atau bahasa awamnya angin biasa.
Ternyata jangan salah, hal yang keliatannya sepele tersebut bisa berbahaya. Pencampuran nitrogen dan oksigen bakal bikin tekanan udara di dalam ban jadi tidak stabil.
Risiko mencampur oksigen dan nitrogen, kalau motor dipakai saat cuaca panas dengan jarak tempuh yang cukup jauh, tekanan udara dalam ban bisa tiba-tiba meningkat. Lalu risiko terburuknya ban mungkin saja meledak karena tekanan udara yang jauh melebihi standar. Terlebih dipacu dalam kecepatan tinggi.
Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya hindari mencapur antara oksigen dan nitrogen untuk kendaraan Anda.
Tag : CUB, MATIC, Motor, Other, Roda, SPORT
0 Komentar untuk "Bahaya Mencampur Nitrogen dan Oksigen"

Back To Top