MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Ketahui Warna Sekring Motor dan Jenis Jenisnya.

Pengertian sekring (Fuse) adalah komponen yang berfungsi untuk memutuskan arus listrik ketika terjadi hubungan singkat (Konslet) atau beban arus yang diterima melebihi dari standartnya sehingga arus listrik tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Nah, mungkin anda  bertanya tanya,”kenapa sih sekring motor berwarna warni seperti pelangi” ? Ada warna merah,kuning,hijau dan biru.
Sekring motor sedikitnya terdapat 7 warna yang mempunyai arti khusus,yakni Merah,Kuning,Coklat,Coklat kekuningan (Orange),Hijau,Biru dan Putih.
Warna sekring memang berwarna warni pun berbeda beda lantaran dimaksudkan untuk membedakan besaran/Kapasitas Sekering dengan satuan ampere (A) yang ada didalam sekring tersebut.
Menghafal sekring sudah menjadi keharusan bagi seorang mekanik motor dalam menangani kasus kelistrikan motor. Misal nih ketika sekring (fuse) pada aki putus,kita tinggal mengganti sesuai warna standart dari pabrikan saja pemirsa,biasanya sih 10A. Coba kalau tidak tahu…bisa bisa dikasih yang mempunyai ampere lebih kecil atau bahkan yang lebih besar.
Arti Warna Sekring Motor
Sebenarnya warna warni sekring tersebut bukan hanya untuk motor saja pemirsa ,tapi berlaku juga untuk kendaraan lainnya seperti mobil,bus dan truk. Dimensi sekring juga # bervariasi ada yang besar dan ada juga yang kecil.  Ok,mari kita kenali arti warna warni sekring motor dari yang terbesar hingga terkecil.
Hijau = 30 A
Putih (transparan/berwarna bening) = 25 A
Kuning = 20 A
Biru = 15 A
Merah = 10 A
Coklat = 7,5 A
Coklat Kekuningan (Orange) = 5 A 
Note : (A) merupakan satuan Ampere
Jenis-Jenis Sekring Motor
Pada umumnya sekring motor terbagi atas 2 jenis yakni sekring tabung (Cartride) dan sekring Blade yang bentuknya gepeng. Nah,fuse atau  sekring blade tadi rupanya ada yang bentuknya besar dan kecil seperti yang banyak kita jumpai pada motor-motor jaman sekarang.
0 Komentar untuk "Ketahui Warna Sekring Motor dan Jenis Jenisnya."

Back To Top