MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Kenyamanan berkendara, Tergantung pada Sudut Caster & Panjang Trail




Fungsi kemudi ialah untuk membelokkan roda atau mengarahkan jalannya kendaraan sepeda motor. Kemudi pada sepeda motor dibentuk berupa stang (kemudi). Pada Stang (komudi) inilah terdapat handel kopling, handel rem depan, lampu-lampu, penunjuk kecepatan (speedometer), klakson, dan sebagainya.
Mekanisme sistem kemudi terdiri atas:
*. Stang kemudi,
*. Batang kemudi, dan
*. Garpu / fork.
Pada bahasan kemudi ini, ada dua istilah yakni:
A. Caster
B. Trail
Caster:  
Adalah sudut kemiringan dari poros kemudi dalam satuan derajat, dengan menarik garis sejajar poros kemudi, maka akan di dapat suatu sudut yang dihitung dari garis yang mendatar atau horizontal.
Trail:
Adalah jarak antara titik potong dari garis melalui poros kemudi dengan jalan mendatar, ke titik tumpu ban depan di atas jalan.
Dari penjelasan kedua jenis ukuran dapat disimpulkan bahwa lebih besar sudut casternya maka akan Iebih kecil jarak trailnya. Caster dan trail harus diperhitungkan secara tepat karena berhubungan erat sekali terhadap pengaruh kestabilan dan kenyamanan sistem kemudi dari sepeda motor.

Dengan sudut Caster yang kecil berarti memperpanjang jarak trail, dalam hal ini pengendalian sepeda motor terasa baik untuk jalan yang Lurus/dengan kecepatan tinggi tetapi pada kecepatan rendah, pengendalian terasa berat dan kurang enak untuk bermanuver atau tikung menikung.
Dengan membandingkan Caster dan Trail dari sejumlah sepeda motor, bisa membuat Anda menebak seperti apa karakter handling dari sepeda motor yang dimaksud tanpa perlu Anda menungganginya secara langsung.
Demikian posting saya kali ini Semoga bermanfaat,,,,
 
Tag : CUB, Frame, MATIC, Motor, Roda, SPORT
0 Komentar untuk "Kenyamanan berkendara, Tergantung pada Sudut Caster & Panjang Trail "

Back To Top