MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

MOTOR STANDARTM BINGUNG MAU PAKAI BAN APA......?

MOTOR STANDARTM BINGUNG MAU PAKAI BAN APA......?
Bingung mau pake jenis ban with tube (dengan ban dalam) atau ban tubles (tanpa ban dalam)? Nah, sebelum pilih mau pake yang mana, mendingan kamu baca dulu nih profile dari masing-masing ban.
    1.   With tube (dengan ban dalam)
Ban with tube biasanya memiliki bentuk yang agak kotak yang fungsinya memberikan keseimbangan ketika kamu nyelip di antara mobil-mobil, terutama pada kondisi jalan yang lagi macet. Karena bentuknya yang sedikit kotak, ban with tube kurang cocok dan berbahaya buat diajak miring waktu lagi tikungan. Harga ban with tubeberkisar antara 100 – 150 ribu, yang dalam kondisi normal bisa tahan sampai 2,5 tahun lebih. Tapi inget loh kondisi ban juga dipengaruhi oleh jarak tempuh dan bagaimana cara kamu memacu motor.
    2.  Tubeless (tanpa ban dalam)
Bentuknya yang relatif bulat, cocok buat kamu yang suka melakukan manufer atau cara belok yang cukup ekstrim dalam kecepatan tinggi. Enaknya lagi, ban tubeless gak langsung kempes loh kalau kena paku. Jadi waktu ke tukang tambal ban, kamu tetap bisa mengendarai motor tanpa harus mendorongnya. Harga ban tubeless berkisan antara 200 – 500 ribu. Bahannya lebih tipis dari ban with tube. Untuk pemakaian sehari-hari ban tubeless bisa awet sampai 1,5 tahun lebih. 
Buat info tambahan, gak ada salahnya kamu tau soal groove/kembang pada ban nih;
Groove atau kembang pada ban baiknya disesuaikan dengan kondisi jalan yang kita tempuh. Cuaca di Indonesia yang sebentar panas sebentar hujan membuat kondisi jalanan kadang berpasir, kadang berair (becek). Untuk itu, sebaiknya memakai ban dengan groovebertipe composite. Tipe ini memiliki groove horizontal pada sisi permukaan ban dan groove vertikal pada bagian tengah permukaan ban. Fungsi groove horizontal adalah untuk menahan stabilitas motor pada jalan aspal berpasir, sedangkan fungsi groove vertikal adalah sebagai pemecah dan pengalir air pada ban ketika berada pada jalan yang berair (becek).

Tag : CUB, MATIC, Motor, Roda, SPORT
0 Komentar untuk "MOTOR STANDARTM BINGUNG MAU PAKAI BAN APA......?"

Back To Top