MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Ternyata Ini yang Bikin Motor Jadi Boros

Menjalankan aktivitas dengan menggunakan sepeda motor  memang menyenangkan, tapi apa jadinya kalau kendaraan yang  digunakan ternyata nggak irit alias boros bahan bakar. Walau teknologi dan inovasi motor sekarang kian canggih, namun ada beberapa hal yang membuat motor menjadi boros.
Nah, berikut ada sebab kenapa bahan bakar kendaraan jadi boros tanpa kita sadari. Simak baik baik.
Jalanan Macet
Udah pasti, hal yang satu ini pastinya ngeselin banget. Rata-rata kemacetan di kota-kota besar di Indonesia mampu membuat sebagian pengendaranya jadi stres. Tak hanya itu, konsumsi bahan bakar pun menjadi berlipat. Tak heran polusi semakin gila-gilaan.Triknya adalah, cari alternatif jalur yang jarang kebanyakan orang gunakan, tak apalah lebih jauh atau memutar, selama jalannya lancar.
Modifikasi Knalpot 
Ganti knalpot untuk menaikan akselerasi kendaraan boleh aja kok , tapi jangan kelewat ekstrim. Biasanya ini dilakukan oleh bikers yang suka banget mengganti knalpot dengan model custom tanpa hitung-hitungan tertentu. Untuk motor, ternyata hal tersebut cukup berpengaruh dalam hal konsumsi bahan bakar. Efeknya, kendaraan memang terasa lebih plong, lincah, kencang, gesit, dan mudah untuk diajak bermanuver. Tapi yang itu tadi, tanggung sendiri deh kalo bensin jadi nggak irit lagi..
Lupa Cek Tekanan Ban
Ini juga sepertinya jarang dilakukan. Berani tarohan deh, kalo pun ia, tekanan ban hanya dilakukan saat hendak berpergian jauh bersama keluarga, atau gebetan, atau disaat ban sedikit kempes. Nah, tekanan angin yang berkurang juga setidaknya menyedot bahan bakar lebih banyak dari seharusnya. Soo.. lakukan pengecekan tekanan angin secara rutin dong. 
Beban Berlebih.
Kalo ini sih, pembaca pasti merasakan sendiri yah. Beban berlebih emang paling berasa bikin bahan bakar cepet habis. Selain itu, umur ban juga lebih cepat habis dan suara mesin akan jadi lebih kasar. Pendeknya, beban lebih tuh banyak banget deh efeknya, nggak nguntungin tapi malah bikin tekor
Ugal-ugalan
Perilaku yang satu ini, selain bikin kesel orang, juga paling efektif untuk membuat bahan bakar cepat habis. Membuka dan menutup gas secara spontan, dipastikan membuat konsumsi bahan bakar tersedot lebih banyak dan dapat merusak mesin. Belum lagi kalo mengalami kecelakaan, nggak bakalan deh ada yang nolongin.. percaya deh.
Nah, itulah tadi beberapa hal yang dapat membuat bahan bakar kendaraan jadi boros. Soo.. be wise aja deh di jalan yah … semoga bermanfaat
Tag : CUB, Engine, MATIC, Motor, SPORT
0 Komentar untuk "Ternyata Ini yang Bikin Motor Jadi Boros"

Back To Top