MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Kenapa Plat C Tidak Ada di Kode Kendaraan

Sejarah Plat C Tidak dipakai di Kode KendaraanSeperti diketahui, apabila hampir  semua kendaraan bermotor yang ada di Tanah air, pastinya akan mempunyai sebuah kode lokasi yang mewakili daerah masing-masing dengan menggunakan simbol huruf. Akan tetapi, apabila kita selidiki maka ada satu hurup yang ternyata sama sekali tidak dipakai yaitu Huru C. Lalu kenapa bisa tak digunakan sebagai plat kendaraan baik roda dua dan roda empat?
Sudah menjadi hal biasa jika kita melihat didepan mobil ada plat A, plat B, dan sebagainya. pasalnya, lambang tersebut bisa terlihat dari penggunaan huruf yang ada di plat TNKB atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor. Selain itu, hurup yang menjadi plat tersebut sebagai salah satu pemberitahuan asal dari kendaraan tersebut, misalnya saja Plat D dari Bandung, Plat B dari Jabodetabek, sampai Plat Z. Akan tetapi, ternyata ada salah satu hurup yang sama sekali tidak ada yaitu C. Lalu bagaimana Sejarah Plat C Tidak dipakai di Kode Kendaraan ?
Ternyata, banyak sekali pendapat yang memang sedikit berbeda terkait alasan kenapa Plat C tidak ada pada kode kendaraan. Misalnya saja, apabila huruf C ini adalah sebuah simbol dari awal kata komunis atau communist. Sehingga pemerintah saat itu tidak memberi ruang hidup bagi komunis, makanya Hurup C ini ditiadakan. Akan tetapi, alasan tersebut memang tak bisa dipertanggung jawabkan atas semua kebenarannya.
Selanjutnya, ada pendapat kedua yang memang terlihat bisa masuk akal. Alasan kuat tidak dipakainya huruf C sebagai plat kendaraan, karena waktu zaman dahulu kala di Indonesia memang tidak ada hurup C. Diketahui, apabila dari jaman belanda waktu itu bangsa  Indonesia masih mengenakan 2 bahasa, yakni bahasa belanda juga bahasa Indonesia akan tetapi memakai ejaan lama. Ejaan lama ini terkenal dengan sebutan Soewandi, jadi Hurup C ini adalah TJ.
Akan tetapi, realita dilapangan, ternyata bukan hanya hurup C saja yang tak digunakan plat mobil, akan tetapi ada beberapa hurup yang memang tidak dipakai pada tempat yang tercantum pada Surat TNKB, sebut saja, tidak ada hurup J, X, I, juga hurup O. Akan tetapi, sampai saat ini semua hurup yang tidak digunakan tersebut termasuk Plat C masih menjadi misteri dan teka-teki yang sangat aneh, terkait tidak digunakannya hurup tersebut pada plat kendaraan.
Tag : CUB, MATIC, Motor, Other, SPORT
0 Komentar untuk "Kenapa Plat C Tidak Ada di Kode Kendaraan"

Back To Top