MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi – Apa itu sistem injeksi pada sepeda motor? sistem injeksi merupakan inovasi terbaru pada pengkabutan sepeda motor yang baru dikenalkan pada awal tahun 2000an. Sistem yang mulai diluncurkan sekitar tahun 2005 ini langsung memikat hati para pabrikan otomotif karena banyaknya promosi yang mengedepankan keungulan, bukan hanya itu, sistem ini telah disematkan pada arena balap MotoGP sehingga sudah cukup dikenal dikalangan pecinta otomotif.
Sistem injeksi sendiri merupakan hasil pengembangan dari teknik pengabutan bahan bakar  yang masih menggunakan karburator, teknologi manual Karburator dinilai masih banyak melakukan pembakaran bahan bakar sia-sia dan tidak efisien membuat para ahli pengembangan motor beralih menggunakan sistem komputerisasi, teknologi komputerisasi yang diterapkan dalam sistem injeksi inilah yang menjadikan takaran pencampuran bahan bakar dan udara sempurna sehingga sesuai dengan tenaga yang dibutuhkan sepeda motor.

Sepeda motor dengan sistem injeksi memang menjadi terobosan baru yang cukup fenomenal di kalangan pecinta otomotif, namun bukan berarti sistem ini sangat sempurna mengingat memang ada beberapa kelemahan sepeda motor sistem injeksi serta kekurangan yang muncul seiring dengan peluncurannya, lalu seperti apa cara kerja sepeda motor injeksi dan prinsip kerja sepeda motor injeksi? bagaimana kelebihan dan kelemahan sistem injeksi pada sepeda motor?
Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi
keunggulan Sistem Injeksi pada Sepeda Motor
Penggunaan sistem takaran terkomputerisasi membuat percampuran antara bahan bakar dan udara bisa lebih sempurna dan akurat karena telah diatur oleh sensor sensor,  sehingga penggunaan bahan bakar bisa lebih efisien.

Perawatan sepeda motor dengan system injeksi akan lebih mudah dan simple, itu dikarenakan sepeda motor injeksi lebih awet dibandingkan dengan sepeda motor ber-karburator, pengguna motor injeksi cukup menyemprotkan cairan “injection cleaner” dalam perawatannya, dibanding karburator yang harus bongkar pasang setiap melakukan perawatan.
Sepeda motor injeksi bisa lebih ramah lingkungan karena pada pembakaran di mesin motor terjadi secara sempurna sehingga menimbulkan pembuangan emisi gas yang lebih kecil.
Lama waktu “service” sepeda motor injeksi relatif lebih cepat, terutama motor matic injeksi, karena memang sistem injeksi sepeda motor jenis ini sudah dikonsep bebas perawatan oleh pabrikan otomotif, perawatan hanya berkisar pada pembersihan filter udara, busi dan klep motor, sesudah itu motor injeksi sudah siap pakai kembali.
Mesin motor injeksi lebih mudah dihidupkan terlepas dari baik buruknya kondisi cuaca, karena pada system ini sudah diterapkan sensor yang mengatur suhu mesin motor.
Kekurangan Sistem Injeksi pada Sepeda Motor
Karena terbilang teknologi baru, teknisi ahli injeksi masih jarang ditemukan sehingga sepeda motor injeksi tidak bisa di “service” disembarang bengkel, sobat harus pergi bengkel khusus atau bengkel resmi yang memang memiliki ahli dibidang sistem injeksi karena motor injeksi tidak bisa sembarangan dibongkar pasang seperti motor dengan karburator pada umumnya.
rawatannya, dibanding karburator yang harus bongkar pasang setiap melakukan perawatan.
Harga sparepart sepeda motor injeksi relatif lebih mahal dibanding motor dengan sistem karburator, terutama untuk jenis motor matic injeksi, selain sparepart yang mahal, komponen sistem injeksi pada sepeda motor memerlukan altenator atau alat pembangkit listrik motor dengan daya tinggi, daya altenator motor injeksi tentunya lebih tinggi daripada motor dengan karburator, jadi jika Sahabat pemilik motor injeksi mengalami kerusakan, persiapkan budget lebih tinggi.
Sepeda motor dengan system injeksi sangat sensitif dengan masalah kelistrikan karena hampir seluruh system motor diatur secara komputerisasi oleh sensor – sensor yang terdapat pada mesin motor, jika terjadi kabel putus atau korosi pada satu tempat akan mengakibatkan terganggunya semua kinerja komponen lain akibat arus listrik tidak stabil.
Dari ulasan Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi bisa disimpulkan bahwa:
Secara keseluruhan sepeda motor injeksi memang mempunyai keunggulan, daripada sepeda motor ber-karburator.
Perawatannya lebih simple, namun tidak bisa dilakukan di sembarang bengkel, penggantian sparepartnya pun juga lebih mahal. namun itu semua terbayarkan dengan performa motor injeksi yang lebih unggul.
Dari segala keunggulan motor injeksi, itu semua kembali kepada selera Sahabat masing – masing jika ingin menggunakan atau beralih ke motor injeksi.
Demikian ulasan mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi, semoga informasi diatas bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat.
0 Komentar untuk "Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi"

Back To Top