Seiring pemakaian dan
jarak tempuh si Matic 125, lama kelamaan tumpukan kerak di ruang bakar dan
sekitarnya semakin banyak, apalagi jika pakai bensin beroktan rendah dan jarang
digeber di rpm tinggi. Efeknya bikin lemot dan boros, bahkan di Honda Vario 125
bisa bikin mogok. Waduh!
“Karena kalau odometer sudah tinggi, sensor O2 di lubang buang juga bisa ikut kotor, kalau kotoran terlalu tebal bikin brebet, susah distarter bahkan mogok,”
“Kalau sensor O2 terlalu kotor, pembacaan hasil pembakaran enggak akurat, voltase yang dikirim ke ECM bisa terlalu besar atau kecil, memang bisa saja bikin larinya si matic jadi berat,”
Maklum saja, Vario 125 pakai sistem injeksi step 4, yang pembacaan pembakaran bergantung pada sensor O2, karena tak ada sensor tekanan dan suhu di intake manifold-nya. Lalu apa yang harus dilakukan? “Bersihkan saja, biar pembacaan hasil pembakaran yang diumpan ke ECM kembali akurat,”
“Karena kalau odometer sudah tinggi, sensor O2 di lubang buang juga bisa ikut kotor, kalau kotoran terlalu tebal bikin brebet, susah distarter bahkan mogok,”
“Kalau sensor O2 terlalu kotor, pembacaan hasil pembakaran enggak akurat, voltase yang dikirim ke ECM bisa terlalu besar atau kecil, memang bisa saja bikin larinya si matic jadi berat,”
Maklum saja, Vario 125 pakai sistem injeksi step 4, yang pembacaan pembakaran bergantung pada sensor O2, karena tak ada sensor tekanan dan suhu di intake manifold-nya. Lalu apa yang harus dilakukan? “Bersihkan saja, biar pembacaan hasil pembakaran yang diumpan ke ECM kembali akurat,”
pembersihan cukup
pakai sikat kawat dan ditiup angin kompresor . Dan
yang harus diingat, jangan sampai jatuh ya! Karena bisa
rusak dan harganya lumayan mahal, sekitar Rp 305 ribu. Oh iya, alat yang
dibutuhkan yaitu obeng plus, sikat kawat, kunci sok 10, 12 dan 17. Berikut ini
simak urutan pelepasan dan pemasangannya kebalikannya •
Oh iya, alat yang dibutuhkan yaitu obeng plus, sikat kawat, kunci sok 10, 12
dan 17. Berikut ini simak urutan pelepasan dan pemasangannya kebalikannya
•
Agar
bisa melepas sensor O2 dengan mudah, seluruh bodi belakang dan behel harus ditanggalkan.
Tentu lepas semua baut yang mengikatnya pakai obeng plus dan kunci sok
Setelah itu lihat sensor O2
yang ada di sisi kiri cylinder head. Nah pertama lepas kabelnya, dengan memutar
sedikit dan tarik
Lanjut ambil kunci sok 17
berikut pegangannya,untuk melepas sensor hati hati jangan sampai
jatuh.
O2 Ini dia sensornya, jika
kondisinya kotor maka wajib dibersihkan. Cukup pakai sikat kawat ya lalu
semprot pakai angin
Nah sekarang sudah bersih
kan, tinggal pasang lagi deh dengan langkah kebalikan pemasangan. Coba ngacir
ngga. Semoga bermanfaat.
2 Komentar untuk "Bersihkan Sensor O2 Motor Standart Vario 125, Cegah Loyo dan Mogok"
Itu ngelepas kabel nya gmn?
pake kunci T yg udh di soak pinggirnya