Sedang mengalami masalah
keluar asap alias ngebul dari lubang knalpot di motor standartdi rumah? Tak
usah panik maupun bingung mas bro. Sebaiknya cermati dulu warna asap yang
keluar dari ujung penerus gas buang tersebut. Kita coba rinci kira-kira apa penyebabnya knalpot
motor standart ngebul.“Kalau knalpot motor staandart
injeksi ngebul warna asap hitam pekat sudah pasti pembakarannya tidak sempurna
dikarenakan kebanyakan bensin. Indikasi
lainya, yakni baunya cukup menyengat dan lama kelamaan bikin pusing. Solusinya
mesti setting ulang CO,”
Berbeda
halnya kalau knalpot motor standart injeksi ngebul warna asapnya putih.
Biasanya dikarenakan ada oli mesin yang ikut terbakar. Ada empat penyebabnya,
pertama karena ring piston sudah aus, kedua karena piston baret, ketiga sil
klep keras atau bocor dan terakhir karena celah klep bocor.
idi;
mso-ansi-language:DA;mso-fareast-language:EN-US;mso-bidi-language:AR-SA'>Indikasi
lainya, yakni baunya cukup menyengat dan lama kelamaan bikin pusing. Solusinya
mesti setting ulang CO,”
“Baik
motor injeksi maupun karburator, kejadian dan solusinya sama,”
Ring Piston
Karena usia pakai motor sudah cukup lama,
biasanya ring piston mulai aus. Otomatis oli mesin akan
rembes ke ruang bakar dan ikut terbakar. Solusinya mesti ganti ring piston baru dengan
ukuran sama
Piston
baret
Hal
ini terjadi mungkin karena telat ganti oli atau ada kotoran yang bercampur
dengan oli sehingga menggerus dinding piston. Otomatis oli mesin akan rembes
lewat celah dinding piston yang baret tersebut dan kemudian ikut terbakar.
Solusinya harus ganti piston baru dengan diameter sama. Tapi kalau dinding
silinder ikut baret, mesti corter dan ganti piston dengan diameter lebih besar
(oversize).
Sil klep
Sil klep keras atau getas otomatis membuat
oli mesin yang berada di cylinder head akan turun ke ruang bakar yang kemudian
ikut terbakar. Hal ini terjadi karena usia pakai yang cukup lama dan suhu mesin
yang cukup tinggi. Solusinya ganti sil klep baru.
ston baru dengan diameter sama. Tapi kalau dinding
silinder ikut baret, mesti corter dan ganti piston dengan diameter lebih besar
(oversize).
Celah klep bocor
Pemicu klep bocor adalah karena ada kotoran
atau kerak sisa pembakaran yang menghambat bibir klep. Bisa juga karena
setingan klep sudah tidak rata. Solusinya mesti sekir ulang celah klep.
“Saat skir ulang, sebaiknya jangan pakai amrile karena
akan mengikis bibir klep dan setting klep cukup banyak. Kalau mau klep dan
setting klep lebih awet, gunakan Autosol. Karena tidak mengikis terlalu banyak.
Kecuali kalau ganti klep baru, skir klep pakai amrile lebih tepat,” inilah cara deteksi knalpot keluar asap (ngebul) baik hitam atau putih, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Knalpot Motor Standart Ngebul"