Sepeda Motor Honda mogok di jalan pastilah
merupakan pengalaman yang amat tidak menyenangkan. Tidak hanya itu, motor yang
mogok mendadak bisa membahayakan keselamatan anda sebagai pengemudi dan sesama
pengguna jalan. Namun untuk mengatasi motor yang mogok secara mendadak
pada saat berkendara, kerap menjadikan sebagian orang kebingungan dimana masih
banyak orang yang kurang mengetahui tentang penyebab yang bisa menjadikan motor
sampai bisa mogok mendadak.
Di artikel ini kami ingin memberikan
beberapa alasan paling umum mengapa motor anda bisa sering mati mendadak di
jalan. Ketahuilah bahwa artikel ini tidak berlaku apabila motor anda mati
total (dalam arti tidak bisa distarter lagi). Apabila motor anda mati total
maka anda perlu membawanya ke bengkel karena kemungkinan ada problem lebih
rumit yang harus dibereskan.
Berikut adalah 6 penyebab motor sering
mogok mendadak dan cara mengatasinya yang perlu anda ketahui apabila motor anda
mogok di jalan.
1. Penggunaan Bahan Bakar
Beroktan Rendah
Pemilihan jenis bahan bakar berpengaruh
besar pada proses pembakaran setiap motor. Pemakaian oktan yang rendah
akan menimbulkan jumlah timbal yang lepas menyumbat klep sehingga motor
mendadak mati. Seperti premium yang memiliki harga yang murah padahal kadar
oktannya 88 yang termasuk kategori oktan rendah.
Pilihan Bahan Bakar
Cara Mengatasi
Pilihlah bahan bakar dengan kadar oktan
tinggi diatas 92 seperti Pertamax. Dengan tingkat oktan yang tinggi proses
pembakaran lebih sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkan juga kecil.
2. Filter Udara Yang Kotor
Fungsi filter udara adalah untuk menyaring
agar udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak bercampur dengan partikel
partikel kotoran dan debu agar campuran udara dan BBM lebih sempurna. Apabila
kondisi filter udara kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor jadi
berat dan motor akan mendadak mati atau mogok. Filter udara menjadi kotor dapat
disebabkan karena usia pemakaian yang sudah lama.
Cara Mengatasi
Pastikan anda sering cek kondisi saringan
udara. Motor Matic Honda sekarang sudah menggunakan filter udara jenis basah
dimana filter udara ini tidak bisa dibersihkan dan harus langsung diganti. Sisi
positifnya adalah filter udara ini lebih tahan dibanding filter udara kering
yang harus dibersihkan secara berkala.
3. Setelan Klep Tidak Tepat
Penyebab motor mendadak mati bisa
diakibatkan dari setelan klep yang terlalu rapat. Bila celah terlalu
rapat, mesin bakal cepat panas dan akselarasi terlampau kurang. “Kerenggangan
klep ini sangat penting, maka dari itu setiap motor diberikan rentang ukuran
yang sudah di standarkan sesuai spesifikasi mesin.
Cara Mengatasi
Ketidak cocokan setingan klep in dan ex
bisa memperpendek masa pakai dari komponen tersebut. Selain ikuti celah standar
pabrikan, penyetelan harus dilakukan ketika mesin dingin. Segera bawa motor
anda ke bengkel terpercaya untuk diseting sesuai standar motor karena satuan
yang digunakan adalah milimeter. contoh standar klep MegaPro adalah 0,10
(in) dan 0,10 (ex).
4. Mesin Terlalu Panas atau
Overheat
Penyebab overheat pada motor adalah
sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat. Ring piston menjadi kering sehingga
motor akan mendadak mati. Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran
atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antra piston dan liner boring. Panas
tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik, akibatnya piston
memuai dan macet padaliner boring.
Cara Mengatasi
Tunggu mesin sampai benar-benar dingin.
Setelah itu, lepaskan busi kemudian masukkan oli yang baru melalui lubang busi.
Ini berguna untuk melumasi piston yang tersumbat. Setelah mesin dingin dan oli
telah dimasukkan, nyalakan motor menggunakan starter elektrik.
5. Komponen Pengapian Mati
Salah satu penyebab sepeda motor mendadak
mati adalah hilangnya pengapian. Percikan api dalam pengapian ini berfungsi
membakar uap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. Di ruang pembakaran
inilah motor bisa memperoleh daya gerak. Jika api hilang maka akan berdampak
tidak ada proses pembakaran dan mesin pun tidak akan hidup. Untuk mencari
penyebab hilangnya api harus mendeteksi satu per satu komponen pengapian motor,
mulai dari busi, koil, CDI, sepul dan lainnya.
Cara Mengatasi
Harus dilakukan pengecekan satu per satu
mulai dari busi, koil, CDI, sepul dan bagian lain motor untuk memastikan
komponen pengapian mana yang mati.
Busi
Lepas dan dekatkan busi pada blok mesin, kemudian tekan tombol starter. Jika
busi memercikan api dengan warna biru, artinya busi sehat. Jika percikan apinya
merah, ganti dengan busi baru sesuai spesifikasi motor.
Busi Rusak
Koil
Tempelkan kabel koil ke badan mesin lalu starter mesin, bila terdapat percikan
api jangan terburu-buru menyimpulkan koil masih bagus. Cek ulang dengan
memasang busi, bila ternyata tidak ada percikan api berarti koil tidak
berfungsi optimal. Karena fungsi koil untuk memperbesar arus listrik kalau
ternyata arus di busi tidak ada maka komponen itu tidak berfungsi lagi.
Alangkah lebih baik bawa ke bengkel terdekat supaya bisa dicek dengan
multitester.
CDI
Komponen ini adalah otaknya sistem pengapian. Sama halnya dengan koil, CDI bawaan sepeda
motor jarang rusak kecuali korsleting atau sudah diganti dengan CDI aftermarket. Jika
pakai CDI aftermarket, ganti dulu dengan CDI standar. Jika mesin
hidup, masalah ada pada CDI aftermarket Anda.
6. Tutup Tangki Tersumbat
Pada tutup tangki terdapat lubang kecil
yang berfungsi sebagai ventilator atau pernafasan. Apabila lubang kecil
tersebut tersumbat akan berakibat hilangnya sirkulasi udara sehingga bahan
bakar tidak turun atau tidak mengalir.
.
1 Komentar untuk "Sepeda Motor Honda Mogok Mendadak Di Jalan ? Periksa 6 Hal Ini"
magang Jepang so
Bagus artikelnya buat referensi perbaiki motor dirumah tidak harus ke bengkel
Mantap bang