Peristiwa
gagalnya fungsi rem untuk memperlambat laju kendaraan memang cukup menyeramkan.
Rem sebagai satu-satunya fitur untuk menahan laju kendaraan tidak berfungsi
saat terlalu banyak digunakan.
Dalam
hal ini, vapor lock, adalah peristiwa yang harus diwaspadai.
Pada
sistem rem hidrolis dapat kita temui gejala yang bahasa kerennya disebut dengan
vapour lock, Kata "vapour" berasalh dari bahasa inggris yang jika
terjemahkan berarti "uap", sedangkan lock berarti
"terkunci".
Vapor
lock sendiri adalah istilah dalam dunia mesin, dimana ini adalah peristiwa
cairan berubah menjadi wujud uap karena panas dari sekelilingnya. Pada kondisi
ini regulator tekanan tidak dapat berfungsi dengan baik dan mengalami kegagalan
karena adanya uap yang bercampur dengan cairan.
“Tidak
berfungsinya rem cakram karena minyak rem terpengaruh panas yang berlebih di
kampas maupun kaliper. Akibatnya ada gelembung udara dalam sistem rem. Ini
kemudian yang membuat rem tidak pakem,”
Masalah
ini sebenarnya sudah ditanggulangi dengan penggunaan minyak rem berstandar US
Departement of Transportation atau disingkat DOT. Kebanyakan penggunaan pada
motor saat ini adalah DOT 3 yang memiliki titik didih hingga 205 derajat
celcius.
Untuk
mencegah berkurangnya fungsi rem saat panas maka banyak yang memberikan solusi
penggantian minyak rem menjadi DOT 4 yang memiliki titik didih lebih tinggi
yakni 230 derajat celcius. Sehingga ketika rem yang semakin panas saat di jalan
turunan dan mencapai titik didih air di 100 derajat celcius, masih dapat
ditangani oleh rem.
Namun
faktor rem dapat bekerja dengan baik tidak hanya bergantung pada satu hal saja.
Kebiasaan seperti menaruh jari di tuas rem sehingga rem bekerja tanpa disadari
bisa jadi salah satu rem tidak berfungsi di saat genting.
Untuk
cara memperbaiki gejala ini biasanya dilakukang dengan pembuangan udara atau
yang biasa disebut dengan bleeding.
“Perawatan
berkala komponen rem lebih memegang peranan penting. Selain itu untuk
pengendara skutik, jika melewati turunan jangan terburu-buru, selalu cek
kondisi rem dengan berhenti telebih dahulu,” Demikianlah sedikit informasi. Semoga
bermanfaat.
0 Komentar untuk "Penyebab Rem Cakram Gagal Berfungsi "Vapor Lock""