Lantaran
dari pabrik sudah beda formulasi, penggunaan oli diesel di motor mengakibatkan
kontroversi. Kendati demikian penggemarnya tetaplah setia, apa sih kelebihan
dan kekurangan pakai oli diesel ini? Penggunaan oli diesel di motor hingga saat
ini masih menjadi kontroversi. Perdebatan sengit sering terjadi di forum dunia
maya atau sosial media. Bahkan situs resmi Pertamina sampai bikin artikel
imbauan agar Fastron Diesel jangan digunakan di motor. Sementara para
penggemarnya tetap berpegang teguh pada pendiriannya.
Perbedaan
mendasar oli bensin dan diesel ada pada angka TBN (TotalBaseNumber).
“Untuk
oli diesel TBN 10-12, sedang oli bensin 6-8,”. Apa itu TBN? “TBN merupakan
kemampuan basa di dalam pelumas untuk menetralisir asam yang disebabkan oleh
oksidasi.
Oksidasi dalam pelumas terjadi akibat kontaminasi BBM di ruang bakar, yang
biasanya akan masuk ke bak oli lewat ring piston dan akibat dari temperatur
mesin yang tinggi, biasanya karena lingkungan seperti macet atau beban berat,”
Angka TBN oli diesel yang tinggi, yang berupa aditif terutama
detergent & dispersant, dibutuhkan di mesin diesel untuk untuk membersihkan
jelaga (soot) dan juga menetralisir asam hasil pembakaran.
HARGA
OLI DIESEL VS BENSIN
Mobil
Delvac 15W-40 1
lt
Rp 85 ribu (diesel)
Mobil Super 2000 10W-40 1 lt Rp 130 ribu (bensin)
Motul Tekma Mega X 15W-40 1 lt Rp 106 ribu (diesel)
Motul Multipower Plus 10W-40 1 lt Rp 135 ribu (bensin)
Sumber: Shop & Drive
Pertamina Fastron Diesel 15W-40 1 lt Rp 72 ribu (diesel)
Pertamina Enduro 4T Racing 10W-40 1 lt Rp 59 ribu (bensin)
Amsoil Series 3000 HD Diesel 5W-30 1 lt Rp 233 ribu (diesel)
Amsoil Syn Motorcycle Oil 10W-40 1 lt Rp 233 ribu (bensin)
Shell Rimula R4X 15W-40 1 lt Rp 61 ribu (diesel)
Shell Advance AX5 15W-40 1 lt Rp 44 ribu (bensin)
Sumber: TOKO Oli
Mobil Super 2000 10W-40 1 lt Rp 130 ribu (bensin)
Motul Tekma Mega X 15W-40 1 lt Rp 106 ribu (diesel)
Motul Multipower Plus 10W-40 1 lt Rp 135 ribu (bensin)
Sumber: Shop & Drive
Pertamina Fastron Diesel 15W-40 1 lt Rp 72 ribu (diesel)
Pertamina Enduro 4T Racing 10W-40 1 lt Rp 59 ribu (bensin)
Amsoil Series 3000 HD Diesel 5W-30 1 lt Rp 233 ribu (diesel)
Amsoil Syn Motorcycle Oil 10W-40 1 lt Rp 233 ribu (bensin)
Shell Rimula R4X 15W-40 1 lt Rp 61 ribu (diesel)
Shell Advance AX5 15W-40 1 lt Rp 44 ribu (bensin)
Sumber: TOKO Oli
Standar oli bensin pakai API S (spark),
sedang diesel API C (compression)
Lalu bagaimana dengan ATPM, apa tanggapan
mereka? Untuk yang satu ini, wakil dari Honda dan Yamaha buka suara “Enggak masalah,
tapi harus teliti dalam memilih oli diesel. Pertama dari kekentalan, lebih baik
cari yang encer agar sirkulasi lebih lancar namun resikonya suara mesin lebih
kasar. Kedua pilih yang tak mengandung teflon berlebih agar enggak bikin selip
kopling, biasanya ada logo donat (conserving 2),” Kalau Honda? “AHM tidak membenarkan motor Honda menggunakan oli
untuk mesin diesel. Hal tersebut dikarenakan desain dan konstruksi mesin motor
berbeda dengan diesel. Dalam memilih oli konsumen harus memperhatikan SAE, API
Service dan JASO yang harus sesuai dengan rekomendasi pabrik seperti di buku
manual,” demikian perbwdaan oli diesel dan bensin, semoga bermanfaat.
2 Komentar untuk "Kontroversi Oli Diesel Untuk Motor"
Wow mantap
Hadiiiiirrrrlaahhhh
Datanglaaaahhh
Wow mantap
Hadiiiiirrrrlaahhhh
Datanglaaaahhh