MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Bakar Oktan Tinggi untuk Sepeda Motor

Kampanye penggunaan bahan bakar dengan kadar oktan tinggi belakangan kian marak digaungkan. Meski lebih ramah lingkungan, siapa sangka jika bahan bakar oktan tinggi juga memiliki kelebihan dan kekurangan bagi performa sepeda motor.
Setiap perusahaan yang menyediakan bahan bakar beroktan tinggi memiliki kadar nilai oktan atau Research Octane Number (RON) berbeda-beda. Pertamina Pertamax Turbo memiliki nilai oktan 98, Shell Power memiliki RON 95, dan Total Performance 95 dengan RON 95.
Semakin tinggi nilai RON sejatinya memengaruhi usia dan performa mesin kendaraan. Namun pertanyaannya, apakah bahan bakar dengan oktan tinggi cocok digunakan untuk semua jenis kendaraan?
Kelebihan utama menggunakan bahan bakar oktan tinggi jelas  lebih baik, lantaran ruang bakar pada kendaraan akan bersih dengan tidak meninggalkan kotoran. Tarikan kendaraan pun akan lebih kencang, ketimbang menggunakan bahan bakar oktan rendah.
Di sisi lain, bahan bakar dengan kadar oktan tinggi pasti membuat mesin lebih cepat panas. Terlebih jika tidak ada sektor khusus untuk mendinginkan sehingga berpotensi overheat.
"Kalau terjadi overheat, motor sekarang (keluaran terbaru) sudah ada sistem pendingin seperti ada radiator, dam kalau ada itu ya aman aman saja. Sebaloknya sepeda motor yang tidak dilengkapi radiator agar tidak menggunakan bahan bakar oktan tinggi. Terlebih jika jalur yang dilalui merupakan titik kemacetan yang berpotensi membuat mesin lebih panas.
Alih-alih menggunakan radiator, produsen biasanya mengakali sepeda motor lawas dengan lekukan di bagian sayap atau sirip untuk menampung udara dari luar dengan tujuan mendinginkan mesin.
Dibanding menggunakan bahan bakar oktan tinggi, pemilik sepeda motor lawas menggunakan bahan bakar dengan RON yang tidak terlalu tinggi untuk penggunaan sehari-hari.
"Kalau buat harian cukup Pertamax atau Shell Super. Memang lebih panas karena oktan lebih tinggi, tapi pembakaran bagus. Asal jangan pakai Premium aja karena (mesin) mudah kotor,





0 Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Bahan Bakar Oktan Tinggi untuk Sepeda Motor"

Back To Top