MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Kenali...? Penyebab Lampu Sepeda Motor Redup

Saat melintasi daerah yang minim penerangan, kita hanya mengandalkan lampu yang ada pada motor kita. Kalau lampunya terang, itu tudak masalah. Namun kalau lampunya redup, bagaimana ?
Lampu memang menjadi salah satu aspek penting pada kendaraan termasuk pada sepeda motor. Di sepeda motor, ada beberapa jenis lampu seperti lampu kepala, lampu belakang, dan lampu rem.
Yang menjadi masalah adalah apabila lampu kepala ini bermasalah. Lampu kepala adalah lampu yang terletak didepan motor yang berfungsi sebagai penerangan utama.
Sebagai penerangan utama, pastinya intensitas cahaya menjadi faktor yang penting. Memang ada lampu variasi dengan model projie LED ataupun HID.
Namun, lampu-lampu variasi tersebut cenderung memiliki intensitas cahaya yang terlalu besar sehingga berpotensi menyilaukan penggendara lain.
Oleh karena itu, saat akan membuat lampu lebih terang kita tidak bisa melakukannya tanpa memperhatikan keselamatan pengendara lain. Cara terbaik untuk memperbaiki lampu yang kurang terang, adalah dengan mencari sumber penyebabnya.. Lampu motor sudah diset secara default oleh pabrikan dengan intensitas yang mampu menerangi jalan dan tidak terlalu menyilaukan. Saat sinar lampu tiba-tiba redup, anda bisa cek hal berikut.

1. Soket lampu kendor
Perlu anda ketahui bahwa arus listrik itu seperti air. Dimana ketika kita menyalurkan air dalam posisi selang kendor. Maka air tersebut akan meluber keluar dan menyebabkan hanya sedikit air yang sampai ke bak penampungan.
Begitu juga dengan arus listrik, apabila soket kendor maka arus listrik yang masuk ke lampu menjadi kurang maksmal. Hasilnya sinar lampu akan lebih redup.

2. Soket lampu karatan
Soket lampu biasanya menggunakan plat. Plat yang berbahan logam ini, juga bisa karatan. Karat yang berada di tengah aliran arus listrik itu seperti hambatan.
Sehingga tegangan listrik yang sampai ke lampu menjadi lebih rendah dari standarnya. Sehingga sinar lampu menjadi kurang terang.
Karat pada soket ini, bisa disebabkan karena banyak hal. Salah satunya karena ada air hujan yang masuk ke sela head cover motor dan menempel pada soket ini.

3. Baterai lemah
Aki atau baterai bertugas sebagai penyimpan arus listrik. Saat kita menyalakan semua sistem kelistrikan motor ketika mesin mati, maka aki yang menyediakan sumber listriknya.
Kalau aki lemah, otomatis sistem kelistrikan yang diaktifkan tidak dapat berfungsi dengan normal. Contohnya pada klakson yang kurang keras/sember, dan lampu yang redup.

4. Kiprok lemah
Kalau aki berfungsi untuk menyimpan arus listrik, maka kiprok dan spull adalah komponen yang bertugas mengisi daya aki. Namun kiprok dan spull tidak hanya melakukan pengisian, dua komponen ini juga dibebankan untuk menunjang semua sistem kelistrikan ketika mesin hidup.
Dengan kata lain, saat mesin motor hidup maka baterai tidak lagi berguna sebagai penyedia sumber listrik, melainkan kiprok dan spull yang menyediakan listrik untuk semua sistem kelistrikan.
Sehingga jelas, apabila kiprok atau spull mengalami kerusakan maka arus pengisian akan terganggu. Akibatnya lampu motor bisa terang redup tidak jelas.

5. Kabel lampu meleleh
Selain karena soket yang karatan, lelehan kabel juga bisa menyebabkan hambatan arus listrik. Sehingga listrik yang dikirimkan oleh sumber arus ke lampu menjadi kurang maksimal. lelehan kabel ini, juga bisa terjadi pada bagian soket. Terutama saat kondisi soket terlalu panas. Panas ini bisa muncul karena adanya loncatan elektron didalam soket yang menimbulkan peningkatan suhu dksekitarnya. 
Demikian yang bisa saya share, semoga bermanfaat
0 Komentar untuk "Kenali...? Penyebab Lampu Sepeda Motor Redup"

Back To Top