Diagram sistem pengsian :
ket:erangan gambar :
Red : Positif Accu
Green : Negatif Accu / massa
White : Spul pengisian
Yellow : Ke Lampu Utama.
Listrik pada sepeda motor sangat penting manfaatnya. Sebab tanpa adanya listrik, maka lampu – lampu pada sepeda motor tidak dapat menyala. Tanpa listrik juga sistem pengapian yang berguna untuk memercikkan busi, tidak akan terjadi. Hal ini tentu mengakibatkan mesin tidak dapat hidup. Listrik pada sepeda motor disuplai dari aki dan sistem pengisian. Namun yang paling penting dan utama dalam suplai listrik adalah sistem pengisian. Sebab suplai listrik yang dapat aki berikan hanya beberapa jam saja, untuk itulah diperlukan sistem pengisian. Pada saat mesin hidup sistem pengisianlah yang mengambil alih suplai listrik, sementara saat mesin mati atau mau distarter, maka akilah yang memberikan suplai listrik. Sistem pengisian tak hanya sebagai suplai listrik, tapi mengisi kembali aki yang telah kosong. Sehingga ketika mesin mau dinyalakan, aki siap mensuplai listrik.
Komponen sistem pengisian di sepeda motor, pada dasarnya hanya ada 2 yaitu ;
1.Sepul/Stator
Untuk memahami sistem pengisian yang rusak ada bebarapa ciri, salah satunya sudah saya sebutkan di atas yaitu lampu depan mudah putus. Ciri lainnya adalah aki mudah tekor. Jika starter dan klakson tidak bekerja dengan baik, disebabkan aki tekor. Maka tak salah lagi berarti aki tidak mendapat suplai listrik dari sistem pengisian. Bila aki sudah berumur lebih dari 2 tahun, memang berarti kondisi akinya yang sudah memburuk. Tapi bila aki masih baru, tapi tekor terus, berarti sistem pengisian yang tidak berjalan dengan baik. Kerusakan untuk kasus ini, biasanya disebabkan sepul kelistrikan yang sudah rusak. Cara perbaikannya adalah mengganti sepul tersebut. Sekian sedikit penjelasan saya tentang sistem pengisian. Semoga dapat anda mengerti penjelasan saya.dan sampai ketemu dipembahasan selanjutnya
ket:erangan gambar :
Red : Positif Accu
Green : Negatif Accu / massa
White : Spul pengisian
Yellow : Ke Lampu Utama.
Listrik pada sepeda motor sangat penting manfaatnya. Sebab tanpa adanya listrik, maka lampu – lampu pada sepeda motor tidak dapat menyala. Tanpa listrik juga sistem pengapian yang berguna untuk memercikkan busi, tidak akan terjadi. Hal ini tentu mengakibatkan mesin tidak dapat hidup. Listrik pada sepeda motor disuplai dari aki dan sistem pengisian. Namun yang paling penting dan utama dalam suplai listrik adalah sistem pengisian. Sebab suplai listrik yang dapat aki berikan hanya beberapa jam saja, untuk itulah diperlukan sistem pengisian. Pada saat mesin hidup sistem pengisianlah yang mengambil alih suplai listrik, sementara saat mesin mati atau mau distarter, maka akilah yang memberikan suplai listrik. Sistem pengisian tak hanya sebagai suplai listrik, tapi mengisi kembali aki yang telah kosong. Sehingga ketika mesin mau dinyalakan, aki siap mensuplai listrik.
Komponen sistem pengisian di sepeda motor, pada dasarnya hanya ada 2 yaitu ;
1.Sepul/Stator
Adalah sebuah gulungan yang terletak di dalam
mangkok magnet. Gulungan dari kawat tembaga ini akan menghasilkan listrik bila
terpotong oleh garis gaya magnet. Sepul untuk sepeda motor lama biasanya ada 2
macam. Sepul pengapian dan sepul lampu. Sepul untuk pengapian ini adalah gulungan
yang menghasilkan listrik untuk suplai ke sistem pengapian. Sedangkan untuk
sepul lampu adalah gulungan yang menghasilkan listrik untuk suplai lampu dan
juga untuk pengisian ke aki. Tapi pada sepeda motor baru sekarang sepul pada
sepeda motor hanya ada 1. Satu sepul ini sudah memenuhi kebutuhan untuk suplai
listrik ke lampu – lampu dan untuk sistem pengapian.
2.Kiprok/Regulator/Rectifier
Adalah komponen elektronika yang berguna
mengatur aliran arus listrik ke lampu – lampu dan ke aki. Kelebihan arus listrik,
akan dibuang ke massa. Sehingga lampu depan pada kendaraan tidak putus. Bila
kiprok rusak, maka lampu depan akan mudah putus. Sebab tidak ada pembatas
listrik yang disuplai ke lampu – lampu. Kelebihan arus listrik ini disebabkan
karena putaran mesin yang naik lebih tinggi. Hal ini terjadi pada saat gas
ditarik. Putaran mesin naik, yang berakibat putaran mangkok magne pun naik.
Listrik yang dihasilkan pun jadi semakin naik.
Untuk memahami sistem pengisian yang rusak ada bebarapa ciri, salah satunya sudah saya sebutkan di atas yaitu lampu depan mudah putus. Ciri lainnya adalah aki mudah tekor. Jika starter dan klakson tidak bekerja dengan baik, disebabkan aki tekor. Maka tak salah lagi berarti aki tidak mendapat suplai listrik dari sistem pengisian. Bila aki sudah berumur lebih dari 2 tahun, memang berarti kondisi akinya yang sudah memburuk. Tapi bila aki masih baru, tapi tekor terus, berarti sistem pengisian yang tidak berjalan dengan baik. Kerusakan untuk kasus ini, biasanya disebabkan sepul kelistrikan yang sudah rusak. Cara perbaikannya adalah mengganti sepul tersebut. Sekian sedikit penjelasan saya tentang sistem pengisian. Semoga dapat anda mengerti penjelasan saya.dan sampai ketemu dipembahasan selanjutnya
****SEMOGA BERMANFAAT ****
7 Komentar untuk "Sistem Pengisian Sepeda Motor Honda Supra"
Baca pula nih ; Fungsi dan cara kerja kiprok/regulator pada sistem pengisian mesin semoga bisa memperlengkap pengetahuan kita
Iya gan
Terimakasih atas ilmunya gan
Sangat membantu
Arus pengisian pada aki Supra 110 berapa ampere ya,mohon infonya
Gan knapa motor supra 110 gak hidup. Sen sama klakson.. Pd hl aki baru.. Mohon jwb an
Kurang lengkap: v