STANG KEMUDI
Fungsi kemudi ialah untuk membelokkan roda
atau mengarahkan jalannya kendaraan sepeda motor. Kemudi pada sepeda motor
dibentuk berupa stang (kemudi). Pada Stang (komudi) inilah terdapat handel
kopling, handel rem depan, lampu-lampu, penunjuk kecepatan (speedometer),
klakson, dan sebagainya.
Mekanisme sistem kemudi terdiri atas:
*. Stang kemudi,
*. Batang kemudi, dan
*. Garpu/fork.
Pada bahasan kemudi ini, ada dua istilah yakhi:
A. Caster
B. Trail
*. Stang kemudi,
*. Batang kemudi, dan
*. Garpu/fork.
Pada bahasan kemudi ini, ada dua istilah yakhi:
A. Caster
B. Trail
Caster: Adalah sudut kemiringan dari poros kemudi dalam satuan derajat, dengan menarik garis sejajar poros kemudi, maka akan di dapat suatu sudut yang dihitung dari garis yang mendatar atau horizontal.
Trail:Adalah jarak antara titik potong dari garis melalui poros kemudi
dengan jalan mendatar, ke titik tumpu ban depan di atas jalan.
Dari penjelasan kedua jenis ukuran dapat
disimpulkan bahwa lebih besar sudut casternya maka akan Iebih kecil jarak
trailnya. Caster dan trail harus diperhitungkan secara tepat karena berhubungan
erat sekali terhadap pengaruh kestabilan dan kenyamanan sistem kemudi dari
scpeda motor.
Dengan sudut Caster yang kecil berarti memperpanjang jarak trail,
dalam hal ini pengendalian sepeda motor terasa baik untuk jalan yang
Iurus/dengan kecepatan tinggi tetapi pada kecepatan rendah, pengendalian terasa
berat dan kurang enak untuk tikung menikung.
Demikian posting saya kali ini Semoga
bermanfaat,,,,
0 Komentar untuk "SUDUT CASTER & PANJANG TRAIL"