SPROCKET FINAL DRIVEN IDEAL
Memang lagi jadi tren anak muda sekarang. Mengganti pacuannya dengan ban yang
lebih kecil. Tapi perlu diingat dengan adanya perubahan tersebut diatas, perlu
juga mengubah perbandingan sprocket, ini semua untuk menjaga agar torsi
dan power tidak ada yang terbuang sia sia, Artinya,motor tetep enak seperti
sebelum ganti ban yang lebih kecil. Kalou setelah ganti ban kecil dan anda tetap mempertahankan sprocket bawa’an nya, dijamin, akselarasi nya boleh dapat namun begitu top spead baru ketauan ternyata mesin jadi “ngeden” yang berarti mesin meraung namun kecepatanya tak bertambah. Disitulah kalou power jadi terbuang sia sia
Rumus mencari perbandingan sproket ideal adalah sbb,
untuk mencari perbandingan sprocket final driven yang tepat setelah mengganti ban adalah:
D1 / F1 = D2 / F2
D1 = diameter total ban dan velg standart
F1 = rasio final gear standart
D2 = diameter total velg dan ban ubahan
F2 =……………rasio final gear ubahan
Dengan rumus diatas yang kita cari adalah F2
Langsung aja ambil contoh
Sebuah motor Supra125,standartnya mempunyai ukuran velg 17inch dan ban 2,75-17 dengan sprocket final driven 35 mata dan sprocket drive14 mata
Velg dan ban yang akan dipasang adalah velg 17inc dengan ukuran ban 2.25-17
Dari contoh diatas bisa diketahui
F1 =35 /14
=2.5
D1
=(17×25,4)+(2,75×25,4)+(2,75×25,4)
=431.8 + 69.85 + 69.85
=571.5 mm
D2
=(17×25,4)+(2.25 x 25.4)+(2.25 x 25.4)
=431,8 + 57.15 + 57.15
=546.1 mm
ukuran ban “2.75 -17″ artinya ban mempunyai lebar tapak 2.75 inch dan tinggi ban(tinggi side wall) 2,75 inch juga..dan angka 17 artinya ban tersebut diperuntukan khusus dipasangkan pada velg ring 17inchi,.nah untuk mencari diameter total ban + velg,, adalah (diameter velg + tinggi ban+tinggi ban) ..karena ukuran ban dan velg adalah inchi maka untuk perhitunganya, kita jadikan semua ukuran inchi ke milimeter(1 inch=25,4mm)
Pencarian F2 / gir rasio
F2 = ( F1 x D2 ) : D1
= (2.5 x 546.1) : 571.5
= 2.389
Nah..setelah ketemu perbandingan sprocket 2.389 silahkan ganti gir belakang .
Caranya F2 x jumlah mata gir depan
Jadi:
2.389 x 14 = 33,446
Silahkan gir belakang motor supra jadi 33 atau 34 agar power tidak terbuang sia sia
****SEMOGA BERMANFAAT ****
0 Komentar untuk "SPROCKET FINAL DRIVEN IDEAL"