MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Sistim Pendinginan pada Motor Standart New MegaPro

Sistim Pendinginan pada Motor Standart New MegaPro
tkan langsung ke bagian bawah piston. Metode ini jauh lebih baik dibandingkan yang lama.

Agar dapat bekerja optimal, dalam artian mampu menghasilkan tenaga yang semaksimal mungkin dengan bahan bakar yang sedikit mungkin, maka mesin sepeda motor memerlukan temperatur kerja secara ideal.
Bila temperatur mesin terlalu rendah dapat menyebabkan mesin tersendat-sendat, boros bahan bakar, kasar dan efek banyak negatif lainya. Demikian juga bila terlalu panas, motor menjadi boros bahan bakar, tidak ada tenaga, dan getarannya terlalu besar.
Oleh karena itu diperlukan suatu pendingin pada motor, yang biasanya memanfaatkan udara luar sebagai pendingin. Misalnya yang terdapat pada New Mega Pro, dengan sistem pendingin yang lebih baik dari yang lain, di mana pada motor ini dilengkapi sistem pendingin Jet Piston Cooling dan 2 Way Air Jacket.


Jet Piston Cooling

Piston merupakan salah satu part atau komponen mesin yang bekerja berat, di mana diatasnya terjadi pembakaran. Oleh sebab itu temperatur piston sangat tinggi, temperatur yang berlebih pada piston dapat menyebabkan piston macet. Pada motor tipe lama, pendinginnya memanfaatkan cipratan oli oleh Crankshaft. Metode ini kurang efektif karena jumlah oli yang terpercik tidak maksimal.

Untuk memaksimalkan pendinginan dan pelumasan piston, maka diciptakan pendinginan dengan memanfaatkan penyemprotan langsung ke piston. Di mana oli dipompa dan disemprotkan langsung ke bagian bawah piston. Metode ini jauh lebih baik dibandingkan yang lama.
.


“Dengan sistem pendinginan model ini maka motor temperatur kerjanya menjadi lebih optimal, motor tidak mudah overheat ataupun ngelitik, tenaga mesinpun terjaga,”. Di mana pada pendingin motor yang lain (yang tidak menggunakan air jacket), panas harus merambat melalui material cylinder head yang lebih panjang atau jauh. Sehingga pembuangan panas lebih lama atau dengan kata lain panas yang dapat dibuang lebih sedikit.sekian dulu posting saya semoga bermanfaat.
2 Way Air Jacket

Untuk mendinginkan mesin, maka pada cylinder dan cylinder head motor dilengkapi dengan sirip. Sirip ini berfungsi membuang panas lebih banyak. Dan semua motor pendingin udara selalu ada siripnya. Cylinder Head jauh lebih panas daripada Cylinder Block, dan sirip yang terdapat pada cylinder head lebih banyak dari pada yang ada di cylinder block. Bahkan ada juga yang melengkapinya dengan corong pengarah angin.

Pada New Mega Pro terdapat sistem pendingin yang lebih baik, di mana pada New Mega Pro ada saluran udara yang langsung menuju tempat yang paling panas dari mesin. Yakni tepat di atas ruang bakar. Udara segar langsung diarahkan dari depan melewati tepat di atas ruang bakar dan keluar melalui jalur busi dan di samping lubang intake manifold.

“Dengan sistem pendinginan model ini maka motor temperatur kerjanya menjadi lebih optimal, motor tidak mudah overheat ataupun ngelitik, tenaga mesinpun terjaga,”. Di mana pada pendingin motor yang lain (yang tidak menggunakan air jacket), panas harus merambat melalui material cylinder head yang lebih panjang atau jauh. Sehingga pembuangan panas lebih lama atau dengan kata lain panas yang dapat dibuang lebih sedikit.sekian dulu posting saya semoga bermanfaat.
Tag : Engine, Motor, SPORT
0 Komentar untuk "Sistim Pendinginan pada Motor Standart New MegaPro"

Back To Top