Salah satu perangkat teknologi pada mesin sepeda
motor yang perlu terus dirawat adalah Fuel Injector. Sehingga
kinerja mesin honda tetap bagus, ekonomi, ramah lingkungan dan performa
maksimal.
Dibandingkan model mesin konvensional,
perawatan mesin injeksi tergolong lebih sederhana. Sebab sistem injeksi sudah
menggunakan komponen yang proses pembuatannya sangat presisi. Misalnya
pada bagian nosel yang memiliki lubang dalam ukuran mikron.
Dengan lubang yang tak lebih besar
dari penampang rambut, alat ini sangat rentan terhadap penyumbatan yang
dampaknya mengganggu kinerja mesin. Oleh karena itu menjaga kebersihan
saringan bensin merupakan suatu keharusan.
Selain saringan untuk bensin, komponen
yang perlu diperhatikan, saringan udara. Komponen tersebut sangat penting
peranannya menjaga udara masuk pada mesin, sehingga harus terbebas dari debu
dan kotoran supaya berfungsi optimal.
Jika terlalu kotor maka pasokan udara
menjadi terhambat sehingga mengganggu kinerja mesin. Selain membuat performa
mesin turun, konsumsi bahan bakar pun menjadi bertambah seiring dengan
meningkatnya emisi gas buang.
Selalu bersihkan saringan udara rutin.
Jika sering melewati kondisi jalan berdebu, apalagi di musim kemarau, sebaiknya
lebih sering dibersihkan. Bila perlu, ganti dengan yang baru jika sudah sangat
sulit dibersihkan.
Supaya kondisi mesin Anda selalu
optimal, lakukanlah pemeriksaan emisi gas buang secara rutin. Pemeriksaan ini
biasanya dilakukan bersamaan dengan proses tune up mesin yang umumnya dilakukan
tiap 2-3 bulan sekali.
Pembakaran yang sempurna akan menghasilkan CO yang sangat minim dan dapat
dirasakan dengan performa mesin yang optimal dan konsumsi bahan bakar yang
ideal.
Demikian cara Merawat Fuel Injektor
pada Teknologi eSP Motor Honda. Semoga bermanfaat. (sumber:welovehonda.com)
0 Komentar untuk "MOTOR STANDART. Merawat Fuel Injektor pada Teknologi eSP Motor Honda"