MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

MEMBACA KODE AKI, jangan tertukar.....!



MEMBACA KODE AKI, jangan tertukar....!





Menjadi cermat sebelum membeli barang, bisa meminimalkan kesalahan. Misalnya seperti beli aki buat motor kesayangan. Aki juga mempunyai kode yang bisa jadi patokan kebutuhan. So, buat sobat yang ingin membeli accu, silakan baca dulu kode-nya.

Buat aki motor, kode ini biasanya tertera di bodi. Terutama di bagian terdepan. Buat mudahnya coba ambil salah satu accu. Misalnya, merek GS Battery. “Kode ini bisa memewakili setiap tipe aki,”

Contohnya jika tertera tulisan atau kode GM4-3B dan di bawahnya tertera tulisan 12V-4AH/10. Mulai GM4-3B dulu ya.
GM = aki polymion (12 volt). 4 = kapasitas aki dalam 10 jam. 3 = posisi terminal aki (untuk posisi terminal aki, ada 4 model. Tapi, untuk nomor 3, posisinya sejajar dengan terminal positif di kanan dan terminal negatif di sisi kiri).

B = posisi lubang udara (ada 4 model untuk posisi lubang udara. Untuk tipe B, letaknya di samping kanan). Lanjut ke 12V-4AH/10. 12V = tegangan nominal aki. 4AH/10hr = kapasitas aki (4 ampere jam).
Sekarang tinggal lebih teliti lagi deh sebelum membeli.

Kebanyakan pembeli tidak tahu.bahwa motor sekarang  hampir semua memakai dobel starter, mereka tidak  tahu. Banyak yang membeli accu yang 4 Ampere. Masalah harga dengan yang 5 Ampere terpaut lumayan. Antara 4A dan 5A secara fisik sama namun ketahanan yang berbeda, jadi jangan berprasangka yang buruk dengan pedagang accu yang jelas 4A harganya jauh lebih murah dari yang 5A.
Sekian dulu dari saya sampai ketemu di posting berikutnya

******** SEMOGA BERMANFAAT ********
0 Komentar untuk "MEMBACA KODE AKI, jangan tertukar.....!"

Back To Top