MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

SPROCKET FINAL DRIVEN IDEAL


SPROCKET  FINAL  DRIVEN IDEAL
            Memang lagi jadi tren anak muda sekarang. Mengganti pacuannya dengan ban yang lebih kecil. Tapi perlu diingat dengan adanya perubahan tersebut diatas, perlu juga  mengubah perbandingan sprocket, ini semua untuk menjaga agar torsi dan power tidak ada yang terbuang sia sia, Artinya,motor tetep enak seperti sebelum ganti ban yang lebih kecil.
Kalou setelah ganti ban kecil dan anda tetap mempertahankan sprocket bawa’an nya, dijamin, akselarasi nya boleh dapat namun begitu top spead baru ketauan ternyata mesin jadi “ngeden” yang berarti mesin meraung namun kecepatanya tak bertambah. Disitulah kalou power jadi terbuang sia sia
        Rumus mencari perbandingan sproket ideal adalah sbb,
untuk mencari perbandingan sprocket final driven yang tepat setelah mengganti ban adalah:

D1 / F1 = D2 / F2

D1 = diameter total ban dan velg standart
F1 = rasio final gear standart
D2 = diameter total velg dan ban ubahan
F2 =……………rasio final gear ubahan

Dengan rumus diatas yang kita cari adalah F2

Langsung aja ambil contoh
Sebuah motor Supra125,standartnya mempunyai ukuran velg 17inch dan ban 2,75-17 dengan sprocket final driven 35 mata dan sprocket drive14 mata
Velg dan ban yang akan dipasang adalah velg 17inc dengan ukuran ban 2.25-17

Dari contoh diatas bisa diketahui

F1 =35 /14
     =2.5
D1
     =(17×25,4)+(2,75×25,4)+(2,75×25,4)
     =431.8 + 69.85 + 69.85
     =571.5 mm
D2
    =(17×25,4)+(2.25 x 25.4)+(2.25 x 25.4)
    =431,8 + 57.15 + 57.15
    =546.1 mm

     ukuran ban “2.75 -17″ artinya ban mempunyai lebar tapak 2.75 inch dan tinggi ban(tinggi side wall) 2,75 inch juga..dan angka 17 artinya ban tersebut diperuntukan khusus dipasangkan pada velg ring 17inchi,.nah untuk mencari diameter total ban + velg,, adalah (diameter velg + tinggi ban+tinggi ban) ..karena ukuran ban dan velg adalah inchi maka untuk perhitunganya, kita jadikan semua ukuran inchi ke milimeter(1 inch=25,4mm)

Pencarian F2 / gir rasio

F2   = ( F1 x D2 ) : D1
       = (2.5 x 546.1) : 571.5
       = 2.389

      Nah..setelah ketemu perbandingan sprocket 2.389 silahkan ganti gir belakang .
Caranya F2 x jumlah mata gir depan
Jadi:
2.389 x 14 = 33,446
Silahkan gir belakang motor supra jadi 33 atau 34 agar power tidak terbuang sia sia


   

****SEMOGA BERMANFAAT ****
Tag : CUB, Frame, Motor, Roda, SPORT
0 Komentar untuk "SPROCKET FINAL DRIVEN IDEAL"

Back To Top