MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

PERKEMBANGAN SISTEM PENGISIAN PADA HONDA

SISTEM SETENGAH GELOMBANG
      Melanjutkan artikel saya yang sudah saya post seminggu yang lalu, dan malam ini saya akan share masih mengenai pengisian pada sepeda motor,
    kali ini saya akan post perkembangan sistem pengisian pada sepeda motor honda. gambar disamping menunjukkan rangkaian dasar dari rectifier setengah gelombang. Pada rangkaian ini, rectifier mengalirkan arus hanya saat bagian A dari sumber arus AC (+) sehingga arus mengalir ke resistor. Saat A (-), arus tidak lagi mengalir. Konsekuensinya bentuk gelombang menjadi arus terputus-putus. Type penyearahan seperti ini dipakai motor generasi dulu  GL,CG.Super Cub. dll. Kelemahan type ini, seandainya motor di Rpm rendah ( langsam ) accu gampang tekor begitu sebaliknya apabila motor di Rpm tinggi ( ngebut ) acuu over charge..



SISTEM GELOMBANG PENUH

  Rektifikasi gelombang penuh merupakan jenis retifikasi yang didesain dengan menggunakan setengah gelombang tegangan AC lain. Pada metode ini, empat buah dioda digunakan pada rangkaian seperti pada gambar disamping. Hasil dari rangkaian ini adalah arus yang mengalir dua kali lebih banyak dibandingkan hal wave(1/2 grlombang) rectification, rektifikasi konstan dan kecilnya fluktuasi bentuk gelombang. Jika titik A merupakan arus positif + dan titik B negatif, maka arus akan diteruskan ke dioda no 1, kemudian resistor / beban, kemudian ke dioda no 4 dan ke titik B. Jika titik B merupakan arus positif + dan titik A negatif, maka arus akan diteruskan ke dioda no 2, kemudian resistor / beban, kemudian ke dioda no 3 dan ke titik A 
Penyearahan type seperti ini juga ada kelemahannya. disepeda motor yang menggunakan type pengisian ini tidak bisa memasang Accessories tambahan  yang berhubungan dengan accu, mengingat pengisian system ini baik diposisi Rpm rendah ataupun Rpm tinggi peningkatanya sedikit hal ini adanya faktor pembatas. Apabila accu sudah penuh dengan sendirinya kelebihannya akan dibuang ke massa.
Penyearahan type seperti ini dipakai motor generasi Astrea star sampai Supra series

THREE PHASE FULL WAVE
   Pada metode ini enam buah dioda digunakan pada rangkaian ini . Rangkaian ini juga memungkinkan untuk menghasilkan arus DC yang lebih baik. Coba kita perhatikan gambar di atas : kita perhatikan titik 1 dan titik 2 saja. Jika titik 1 positif dan titik 2 negatif, maka arus akan mengalir dari titik 1 ke 1’, kemudian ke dioda d, lalu ke titik B, resistor R, titik E, dioda c, titik 3’ lalu ke titik 2 Sebaliknaya Jika titik 2 positif dan titik 1 negatif, maka arus akan mengalir dari titik 2 ke 3’, kemudian ke dioda e, lalu ke titik B, resistor R, titik E, dioda a, titik 1’ lalu ke titik 1 Dengan cara yang sama, tegangan AC antara terminal 2 dan 3, dan antara 3 dan 1 akan mengalami rectifikasi gelombang penuh. Type penyearahan ini jauh lebih sempurna dibandingkan dengan generasi sebelumnya,   penyearah  ini sekarang banyak digunakan pada sepeda motor:  Tiger series dan Megapro dan motor generasi sekarang yang menerapkan Light on.
Hanya ini yang bisa saya share malam ini Semoga bermanfaat.

        


       

      
      
0 Komentar untuk "PERKEMBANGAN SISTEM PENGISIAN PADA HONDA"

Back To Top