MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Coating Piston dan Lapisan Dry Film


Coating Piston, bisa dibilang Ceramic Coating juga. ini contoh jadinya
Ada yang pernah denger apa itu Coating Piston dan lapisan Dry Film? Nah, kali ini mau menjelaskan apa sih Coating Piston itu. Kalo kita ketik Coating di Wikipedia, dijelaskan bahwa Coating adalah sebuah penutup atau lapisan seperti selimut yang diaplikasikan pada permukaan suatu benda. Nah, udah ada gambaran dong apa itu Coating Piston?
Jadi, Coating Piston adalah suatu lapisan yang bekerja melindungi si piston alias seher, supaya lebih awet dan tahan terhadap panas, Teknologi Coating Piston ini biasa digunakan dalam ajang balap mobil Nascar dan F1.
“Keuntungannya mengaplikasikan Coating Piston ini ada banyak. Tahan terhadap suhu panas, bisa mengirit konsumsi bahan bakar, kompresi pada motor juga jadi lebih padat dan low friction atau rendah gesekan,” Wah, ada-ada aja idenya..
Sebenernya, Coating Piston ini merupakan tren lama di Amerika, Nah, sekarang-sekarang ini mulai booming juga di dunia balap motor Indonesia. Jelas sangat menguntungkan kalo proses Coating ini digunakan. Apalagi untuk ajang balap semacam road race, dimana motor akan digeber abis-abisan seperti uji ketahanan.
“Proses ini, juga diterapkan di motor-motor balap,”
Proses dari Coating Piston ini seperti dicat pernis. Tentu piston harus dibersihkan terlebih dahulu untuk menghilangkan debu atau oli. Jika belum terlalu bersih, nanti hasil Coating akan menimbulkan bintik-bintik gelembung ketika di-oven (panggang). Lalu permukaan seher dilapis dengan Coating, dan terakhir masuk proses heat treatment atau dipanggang agar lapisan coating menempel kuat.
Hasil dari proses Coating ini membuat warna seher jadi berubah, Dari yang sebelumnya mengkilap, setelah dilakukan Coating berubah menjadi buram seperti foto di atas.
Nah, kalo lapisan Dry Film sendiri, bisa diibaratkan seperti Dry Lubricant, Lapisan Dry Film ini cuma bisa untuk bagian badan atau dinding seher dan noken as alias kem. Berbeda dengan Coating, kenapa bisa diibaratkan Dry Lubricant? Karena dengan mengaplikasikan lapisan Dry Film ini, seher atau noken as jadi lebih licin. Sehingga, pergerakannya pun jadi lebih maksimal. Hal ini juga dapat memperpanjang umur mesin,
Oh iya, proses ini gak hanya buat seher dan noken as doang, tapi silinder head juga bisa dilapisin. Dengan merogoh kocek Rp 2 juta dan lama pengerjaan 3 hari, seher, noken as dan silinder head selesai dilapisi Coating dan Dry Film. Proses ini tentunya gak hanya buat balap aja, buat harian pun juga cocok, karena bisa bikin suhu mesin lebih dingin dan awet,.
0 Komentar untuk "Coating Piston dan Lapisan Dry Film"

Back To Top