MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Efek Motor Pakai Knalpot Racing

Jangan gegabah dalam modifikasi, sebab bisa mengakibatkan kekecewaan, dikarenakan kendaraan jadi rusak. Pada umumnya pemilik sepeda motor menginginkan performa motornya menjadi lebih besar. Dengan alasan buatan pabrik (standar) kurang mumpuni untuk aktifitas dijalanan umum, dengan hal tersebut tidak sedikit para pengendara mengganti knalpot standar dengan knalpot racing. Padahal knalpot racing memiliki potensi suara yang lebih keras dibandingkan dengan knalpot standar, karna knalpot racing lubang bagian dalamnya lebih besar atau lebar.

Kendati demikian, hingga kini masih banyak pihak yang mempertanyakan apa efek bagi sepeda motor jika menggunakan knalpot racing?
Sebenarnya efek yang dihasilkan knalpot racing lebih banyak negatifnya dibandingkan dengan efek positifnya, terutama masalah suara berisik yang bikin kesal tetangga.
Efek negatif menggunakan knalpot racing lebih banyak dihasilkan dibandingkan dengan menggunakan knalpot standar pada sepeda motor yang bermesin standar. Hal ini dikarnakan dengan menggunakan knalpot (free flow) knalpot racing sangat membutuhkan asupan bahan bakar lebih kaya atau lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan knalpot standar pabrikan agar tenaga mesin bisa mengimbangi knalpot racing tersebut,sehingga tenaga mesin lebih baik, seperti yang diinginkan.
Dengan menggunakan knalpot racing, akan menghasilkan mesin lebih cepat panas, dikarenakan pembakaran akan cepat kering. Hal ini apabila dibiarkan terus menerus akan berakibat komponen mesin lebih cepat aus, sehingga pemuaian akan lebih cepat terjadi, karna suhu yang lebih cepat panas pada mesin kendaraan, dan celah klep juga akan menjadi lebih longgar mesin mengeluarkan suara yang menggelitik, tidak nyaman di telinga.
Apabila anda ngebet ingin mengganti knalpot standar dengan knalpot racing, alangkah lebih baiknya anda melakukan modifikasi didalam beberapa komponen mesin, seperti porting polish, mengubah setelan celah klep dan pembesaran spuyer. Dengan demikian tenaga yang dihasilkan sepeda motor akan lebih baik, efek dari hal tersebut, bahan bakar akan jauh lebih boros, kurang efisien.
Sebagus apa pun knalpot racing, tetap tidak akan ada efek samping kalau mesin dan saluran bahan bakar masih standar, jadi kalau ingin performa lebih baik, sebaiknya modif sedikit mesinnya supaya enggak mubazir beli knalpotnya.
Tag : CUB, Engine, MATIC, Motor, SPORT
0 Komentar untuk "Efek Motor Pakai Knalpot Racing"

Back To Top