MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Efek Kiprok Sepeda Motor, kalau Rusak

Selain aki, salah satu komponen kelistrikan yang memiliki peran penting pada sepeda motor yaitu Regulator Rectifier atau lebih akrab disebut kiprok. Peranti ini punya fungsi untuk menahan dan menstabilkan arus listrik yang datang dari spul, kemudian diteruskan ke aki.
Jika kiprok rusak, jelas saja alur sistem kelistrikan tidak akan berjalan baik. Sementara pada kendaraan dengan sistem injeksi, kelistrikan punya posisi vital. Seperti salah satunya, tanpa adanya asupan listrik baik, injektor bahan bakar (yang digerakkan oleh listrik) tidak bisa bekerja maksimal, dan sepeda motor bisa mogok.
Ada beberapa situasi yang bisa dirasakan pemilik motor ketika kiprok alami kerusakan. “Jika sudah melihat tanda itu, sebaiknya periksakan kendaraan ke bengkel agar tidak semakin parah dan mogok di jalan,”.
Pertama, pada saat sepeda motor dalam kondisi langsam, dilakukan pengecekan melalui alat pocket tester digital, tegangan aki malah menurun, bukannya bertambah. Normal tegangan aki sendiri yaitu 14,15V.
Kedua, sepeda motor alami brebet ketika dikendarai. “Kiprok walau rusak, sepeda motor memang masih bisa menyala. Namun, karena suplai tegangan dari kiprok ke aki tidak sempurna, efeknya tunggangan sering mati atau brebet,”.
Ketiga, akan sulit distarter. “Ini karena pasokan tegangan dari kiprok yang tidak sempurna, maka aki akan sering alami drop, dan berakibat kerusakan pada aki. Imbasnya, sepeda motor akan sulit distarter elektrik,”.
Keempat, lampu sepeda motor mudah putus pada rpm tinggi. “Kondisi lampu utama akan mudah putus pada saat 3.000 rpm ke atas. Jika itu sering terjadi, ada indikasi kiprok alami kerusakan,”.
0 Komentar untuk "Efek Kiprok Sepeda Motor, kalau Rusak"

Back To Top