MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengatasi Rem Cakram Belakang Yang Blong

Salah satu komponen untuk menghentikan atau memperlambat laju kendaraan adalah Rem, rem tersebut mempunyai peranan yang sangat penting didalam sepeda motor. Untuk itu saat akan menggunakan sepeda motor alangkah lebih baiknya untuk melakukan pengecekan komponen – komponen sepeda motor, salah satunya adalah pengecekan rem.
Terkadang komponen sepeda motor yaitu rem, mengalami blong atau tidak berfungsi khususnya rem cakram. Hal tersebut otomatis akan membuat kita panik dan mengganggu konsentrasi saat berkendara.
Khususnya rem cakram yang paling sering mengalami blong atau tidak berfungsi adalah bagian rem belakang, dikarenakan pedal rem belakang tidak disengaja terinjak atau bahkan disengaja, sehingga caliper rem panas dan sil caliper memuai sehingga rem blong. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri melihat medan yang naik turun mengakibatkan komponen – komponen pengereman cepat panas.
Apabila pada sepeda motor anda mengalami rem blong, jangan langsung mengira kampas rem sepeda motor anda habis, alangkah lebih baiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu, dan apabila setelah dilakukan pengecekan terbukti kampas masih tebal dan tidak bisa digunakan untuk aktifitas pengereman, maka janganlah panik, inilah beberepe trik untuk mengatasinya.
Pertama, jika anda mengalami hal tersebut di atas, anda tidak perlu khawatir, segera motor anda ke pinggir jalan, lalu gunakan standar double, bila kejadiannya malam hari, coba cari tempat yang aman dan banyak orang, karena begal masih berkeliaran.hehehehe.
Kedua, setelah dirasa aman kondisinya, segera cek dan pegang caliper rem tersebut, apabila kaliper tersebut terasa panas, itulah yang mengakibatkan rem blong atau tidak dapat berfungsi.
Ketiga, segeralah cari air, bisa menggunakan air apa saja asal bukan air panas. Setelah mendapatkan air tersebut, segeralah gunakan air untuk menyiram kaliper sepeda motor anda, hati – hati jangan menyiram terlalu dekat, karna berbahaya, cipratan air yang digunakan untuk menyiram kaliper, apabila mengenai kulit, kulit bisa melepuh. Siram terus menerus kaliper sampai kondisi kaliper dingin.
Keempat, setelah dirasa kondisi kaliper dingin, putar putar ban sepeda motor anda sambil pedal rem di tekan – tekan, dengan hal tersebut rem akan normal berfungsi kembali sebagaimana fungsi rem tersebut.
Catatan : Oli rem harus dalam keadaan penuh.
0 Komentar untuk "Mengatasi Rem Cakram Belakang Yang Blong"

Back To Top