MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Sepeda Motor Tidak Bisa Didorong, Mesin Mati Mendadak/Macet

Ada beberapa pengendara pernah mengalami kejadian sepeda motornya mati mendadak. Dan saat hendak akan didorong ban enggan berputar, baik maju atau mundur. Apabila kondisi ini yang anda temui, salah satu potensi yang terjadi adalah gejala piston macet atau mogok. Biasanya, selain tidak bisa didorong, ketika anda hendak menyalakan mesin dengan cara manual, yaitu dengan cara mengengkol, kompresi terasa besar banget saat mencoba memberi tekanan. Dan mesin pun tak kunjung menyala.
Dalam masalah seperti ini biasanya dikarenakan piston terjebak atau terjepeit pada blok silinder (boring). Masalah tersebut biasanya disebabkan oleh system pelumasan yang tidak bekerja dengan maksimal atau bahkan kekurangan pelumasan.
Kondisi diatas dikarnakan piston  yang memuai diakibatkan suhu yang terlalu panas didalam mesin (overheat). Suhu panas tersebut disebabkan dari system pembakaran atau disebabkan dari gesekan-gesekan yang terjadi antara piston dan juga liner boring. Panas tersebut tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik drastis. Akibat dari suhu yang cepat naik tersebut, piston memuai dan macet pada liner boring.
Penyebab lain kenapa motor tiba tiba macet dan tidak bisa didorong kedepan atau kebelakang adalah, dikarenakan banyaknya kotoran sisa-sisa proses pembakaran, yang menumpuk dibagian ruang bakar. Akibatnya pada saat (TMA) titik mati atas, kotoran yang ada diruang bakar mengganggu system kerja piston ataupun mengganjal gerakan piston, sehingga menjadi macet.
Untuk mengatasi persoalan diatas, hal yang paling pertama kali dilakukan  adalah, dinginkan terlebih dahulu mesin motor kurang lebih 15 menit. Hal ini dimaksudkan agar mesin dingin sehingga piston kembali pada bentuk semula setelah sebelumnya mengalami pemuaian.
Setidaknya hal tersebut membuat kendaraan bisa untuk dijalankan (didorong) dalam posisi mesin mati untuk dibawa ke bengkel. Dalam kondisi seperti itu jangan pernah mencoba menghidupkan mesin karena kondisi akan membuat mesin semakin rusak parah, terburuk, mesin bisa retak.
0 Komentar untuk "Sepeda Motor Tidak Bisa Didorong, Mesin Mati Mendadak/Macet "

Back To Top