MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengapa Menyalakan Mesin Sepeda Motor Tunggu Indikator Mati, Ini Alasannya



Salah satu perbedaan antara sepeda motor injeksi dan karburator adalah adanya lampu indikator atau Malfunction Indicator Lamp (MIL) di panel dashboard.Dalam berbagai buku petunjuk, dikatakan bahwa sebelum menyalakan mesin dianjurkan untuk menunggu lampu ini padam dulu.
Lantas, mengapa hal tersebut dianjurkan? Karena fungsi lampu indikator itu sendiri. Lampu indikator yang mati memastikan bahwa tidak ada part injeksi yang bermasalah.
Menunggu lampu indikator mati itu dilakukan agar si pengemudi memastikan komponen injeksi tidak ada yang bermasalah sebelum motor benar-benar dihidupkan. "(Menunggu lampu indikator mati) untuk membaca semua fungsi berjalan,"
Kalau lampu indikator itu tidak mati, dan justru terus berkedip, maka dapat dipastikan ada yang salah dari sistem injeksi. Kedipan motor ternyata punya artinya sendiri. Durasi kedipan yang berbeda menandakan adanya masalah di komponen yang berbeda pula.
"Kalau ada yang rusak, biasanya lampunya kedip-kedip. Tergantung durasi. Itu menandakan sesuatu yang rusak. Tapi durasi itu tergantung modelnya juga. Beda-beda menandakannya,".
Sensor-sensor yang dimaksud adalah Temperatur Sensor yang terdiri dari Engine Oil Temperature dan Engine Coolant Temperature, Throttle Position (TP), Ignition Pulse Generator (CKP) dan O2 Sensor.
Guna mengetahui adanya kerusakan sensor pada sistem PGM-FI caranya cukup mudah. Terlebih lagi jika Anda mampu mengingatnya. Dengan begitu Anda dapat mengetahui sensor mana yang rusak dan komponen apa saja yang perlu diganti.
Lalu bagaimana cara mendeteksi kerusakan pada sensor? Pada saat kunci kontak diputar ke posisi On, indikator lampu MIL (Malfungtion Indicator Lamp) akan menyala sekira 2 detik lalu kemudian akan mati (kalibrasi). Nah, apabila terjadi kegagalan atau kelainan pada sensor-sensor, MIL akan memberikan kode berupa kedipan sesuai sensor yang rusak.
Lampu MIL disini berfungsi sebagai indikator kerusakan pada sistem PGM-FI. Lampu MIL ini akan berkedip sesuai dengan jenis kerusakan yang ada.
Terdapat dua jenis kedipan MIL yaitu kedipan pendek (0,3 detik) dan kedipan panjang (1 detik). MIL berkedip pendek berarti satu dan MIL berkedip panjang berarti 10. Jika dua atau lebih kode kegagalan yang terdeteksi, maka semua kur secara berulang-ulang.
Berikut adalah jumlah kedipan MIL dan kode kerusakan pada sensor sistem PGM-FI:
1 Kedipan: Manifold Absolute Pressure
7 Kedipan: Engine Oil Temperature / Engine Coolant Temperature
8 Kedipan: Throttle Position
9 Kedipan: Intake Temperature
12 Kedipan: Injector
21 Kedipan: O2 Sensor
29 Kedipan: Idle Air Control (IACV)
33 Kedipan: Engine Control Module (ECM)
54 Kedipan: Bank Angle Sensor.
Semoga bermanfaat
0 Komentar untuk "Mengapa Menyalakan Mesin Sepeda Motor Tunggu Indikator Mati, Ini Alasannya"

Back To Top