Autochoke pada Motor Standart Matic Honda
Dengan terbukanya saluran bahan bakar maka campuran udara dan
bahan bakar menjadi kaya sehingga motor menjadi mudah dihidupkan. Saat motor
cukup panas, CDI akan mengalirkan arus ke heater yang terdapat di autochoke. Lihat
perbedaan jaraknya antara gambat 1 dan 2 ( A dan B ).
bila sobat sudah meng-ON-kan Skuter Matic
Honda-nya dan tiba-tiba diajak ngobrol, maka Autochoke-nya tetap bekerja secara
normal. Skuter Matic Hondanya masih tetap mudah dihidupkan.sekian dulu posting
saya sampai ketemu lagi, semoga bermanfaat.
Pada
saat pagi temperatur udara menjadi dingin, proses pencampuran bahan bakar dan
udara menjadi kurang tepat (campuran miskin). Tidak Stoikiometri (dalam istilah
kimia, red). akibatnya motor menjadi susah di starter. Agar memudahkan, maka
motor dilengkapi dengan alat pengaya bahan bakar, namanya Choke.
Pada
saat mesin dingin maka perlu di-choke agar motor lebih mudah distarter, dan
bila temperatur mesin sudah hangat maka choke harus dimatikan, agar putaran
stationer atau langsam-nya halus dan tidak boros bahan bakar.
Pada
motor matik misalnya, tentu agak ribet kalau motor matik harus menarik choke
setiap pagi. “Mestinya namanya bukan motor matik lagi kalo begitu. Tetapi motor
setengah matik atau lebih lengkapnya motor transmisinya saja yang matik,”
Pada
motor matik Honda Anda tidak perlu menarik choke setiap pagi, karena motor
matik Honda dilengkapi dengan sistem Choke Automatis atau disebut dengan nama
Autochoke.
Choke
berfungsi memperkaya bahan bakar bila diperlukan, sistem kerjanya dengan
menambahkan bahan bakar atau menghalangi sejumlah udara yang masuk, sehingga
campuran bahan bakar udara menjadi lebih kaya. Gambar1
Pada Autochoke Matic
Honda (Vario, Beat dan Scoopy), choke berfungsi menambah suplay bahan bakar
saat awal start. Alat atau perlengkapan ini dijalankan secara elektronik dan berfungsi
secara otomatis. Jadi tidak perlu menarik tuas choke, dan jangan dicari tuas
choke-nya karena memang tidak ada tuasnya.
Pada gambar di atas terlihat terlihat cara kerja autochoke, di mana
autochoke bekerja secara elektronik.
Saat
kondisi mesin dingin, saluran bahan bakar tambahan masih terbuka.
Heater
tersebut memanaskan thermowax, yang kemudian akan mengembang sehingga mendorong
Jet Needle menutup saluran bahan bakar tambahan (Needle Jet) sehingga campuran
bahan bakar menjadi normal kembali (campuran stoikiometri). Gambar
2 Saat motor dimatikan dan menjadi dingin maka pegas akan mendorong termowax
kembali ke atas sehingga saluran tambaha bahan bakar terbuka kembali setelah
mesin dingin. Motorpun menjadi tetap mudah distarter.
Tetapi
bagaimana bila saat mesin masih dingin terus kunci kontak di-ON-kan dan motor
tidak langsung distarter? “Tenang, autochoke bekerja secara elektronik yang
sistem kerjanya diperintah atau diatur oleh CDI unit. CDI unit tidak akan
memerintahkan auto choke menutup bila motor belum menyala hingga mesin mencapai
temperatur optimal,”
0 Komentar untuk "Autochoke pada Motor Standart Matic Honda"