New Roller Rocker Arm
MOTOR STANDART
Sebagai
produk pelopor teknologi bidang otomotif masa kini, Honda telah melengkapi
produknya dengan Roller Rocker Arm. Bagaimana cara kerjanya?Untuk menjadikan
tenaga pada motor bakar, tenaga yang dihasilkan berasal dari pembakaran di
dalam cylinder, campuran bahan bakar dan udara dibakar di dalam ruang tertutup. Model pembakaran ini mendorong piston
meluncur dan menggerakkan crankshaft yang kemudian dengan suatu mekanisme
menggerakkan roda. Campuran bahan bakar udara serta hasil gas sisa pembakaran
masuk dan keluar melalui katup atau klep yang digerakkan oleh camshaft, baik
klep buang maupun klep isap.
Pada engine tipe SOHC (Single Over Head Camshaft) untuk mengoperasikan klep
camshaft dibantu dengan sebuah part pengungkit yang disebut rocker arm, yakni
merupakan part dengan sebuah poros yang melintang di tengah batang. Sebuah
ujungnya mendapat tekanan dari camshaft yang berputar, sedangkan unjung yang
lain akan menekan batang klep bila salah satu ujung mendapat tekanan camshaft.
Pada ujung yang ditekan camshaft ini, batang rocker arm berbentuk seperti
sepatu dengan bidang berupa busur lingkaran.
Bidang tersebut mendapat tekanan yang hebat dan akan aus akibat gesekan
yang terjadi. Selain kerusakan part akibat gesekan, kehilangan tenaga untuk
operasional buka tutup klep juga besar. Akibatnya tenaga engine yang dapat
disalurkan ke roda belakang juga banyak berkurang.
“Untuk
lebih mudahnya, mari kita analogikan kursi dengan roda dan kursi tanpa roda
dengan seorang yang duduk di atas kursi,”. Roller rocker arm ibarat sebuah
kursi roda, walaupun mendapatkan beban yang sama besar tetapi mendorong sebuah
kursi roda jauh lebih ringan dan mudah dibandingkan kursi tanpa roda. Sehingga
lantai dan alas kaki kursi juga jauh lebih awet.
Semoga Bermanfaat.
1 Komentar untuk "New Roller Rocker Arm MOTOR STANDART"
Bisakah PnP di Honda WIN ?