Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai cara kerja CVT. Transmisi pada motor matic adalah transmisi
tanpa perpindahan roda gigi, jadi menggunakan pulley dan belt. Istilah Kerennya
CVT (Continue Variable Transmision)
CVT (Continue Variable Transmision)
adalah suatu sistem penyalur tenaga secara otomatis dengan bantuan gaya
sentrifugal, ( gaya yang mewakili tekanan keluar yang
terdapat di sekitar obyek yang berputar di sebuah titik pusat ).= melarikan diri dari pusat.
Saat putaran bawah (stationer)
diameter yang dibentuk puley primer (drive pulley*) lebih kecil dibanding puley
sekunder (driven pulley**) sehingga terjadi ratio yang ringan.
Saat putaran menengah diameter puley primer
membentuk lingkaran yang sama besar dengan puley sekunder.
hal ini terjadi karena gaya sentrifugal menyebabkan kedua dinding puley primer
semakin sempit.
Prosis ini akan terus berlanjut seiring putaran mesin yang semakin meningkat
sehingga saat putaran atas diameter yang dibentuk puley primer lebih besar
daripada puley sekunder.
* drive pulley = Pulley yang terhubung dengan crankshaft. ** driven pulley = Pulley yang terhubung ke roda belakang sepeda motor.
Sebenarnya, dasar pemikiran CVT berasal dari sepeda.
Pada sistem percepatan sepeda, apabila gear di bagian depan kecil dan gear yang
dibelakang besar, maka sepeda akan berjalan lambat.
Seperti gigi 1 pada kendaraan, begitu juga sebaliknya.
Nah, sistem ini lah yang di adopsi oleh CVT.
Namun, bedanya CVT menggunakan sabuk yang sangat kuat dan gear diganti dengan
pulley yang bisa membesar dan mengecil tergantung dengan gaya sentrifugal yang
diterima pulley.
Keuntungan CVT:
1.Bisa mendongkrak performa mesin / mobil secara keseluruhan karena dengan
rasio “gigi” tak terbatas maka akan selalu pada “rasio gigi yang tepat”
sehingga tenaga tetap terjamin optimal.
2.Dengan rasio gigi tidak terbatas, maka akan terasa nyaman untuk menjelajah , sehingga bisa lebih irit dan
mengurangi emisi gas buang. Bayangkan
kalau anda ke luar kota dan di jalan tol dengan kecepatan konstant, lebih irit
bukan.
kelemahan CVT:
Tranmisi CVT ini kurang responsive kalau mau dipakai secara agresive, karena
akan berkesan “lemot”, dan kalau di gas terlalu cepat (power surge) maka
kemungkinan selipnya lebih tinggi daripada otomatis biasa .
Sekian dulu posting dari saya semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "MOTOR STANDART - SISTEM TRANSMISI PADA MOTOR MATIC"