PISTON OFFSET
Dalam pemasangan piston kita memang harus dan selalu memperhatikan tanda yang
ada pada permukaan piston. Tanda yang terdapat pada permukaan piston tersebut
ada yang berupa huruf ada juga titik dan ada yang menggunakan tanda panah.
Dengan adanya tanda tersebut tujuannya biar saat pemasangan piston tidak
terbalik.
Emang kenapa kalau terbalik?, ini yang ditanyakan. Padahal kalau kita
perhatikan piston terbalik atau tidak secara kasat mata bentuknya sama saja.
“Salah, kalau kita perhatikan lebih seksama lagi atau kita lakukan pengukuran
yang presisi titik tengah dari pena piston tidak tepat berada di
tengah-tengah”.
Menurut para pakar engine hal
tersebut terkait dengan adanya Piston offset yang ada pada masing-masing sepeda
motor. “Piston Offset merupakan konstruksi pada mesin yang
menunjukkan bahwa titik tengah dari piston dan titik tengah dari poros engkol
tidak segaris,”
Nah sekarang apa pengaruhnya jika
pemasangannya terbalik?. “ Piston Offset tersebut berfungsi untuk memperkecil
gaya tekan ke samping dari sisi piston yang menekan silinder,”
Jika pemasangan sampai terbalik
maksudnya sisi piston yang seharusnya berada di sisi IN ditempatkan di sisi EX,
pengaruhnya pada kinerja mesin sangat besar. Yang bisa langsung kita dengarkan dari suara mesin yang berubah menjadi
kasar. Hal tersebut karena gaya gesek yang terjadi semakin besar.
Disamping itu juga, keausan menjadi lebih cepat karena besarnya gesekan
yang terjadi antara piston dengan dinding silinder tersebut.
“Untuk itu perlu diingat-ingat saat pemasangan jangan sampai terbalik,
perhatikan tanda yang ada pada permukaan piston,”
Tanda yang ada pada piston bermacam-macam ada tanda IN tapi ada juga EX, dan
juga tanda panah, kita tinggal menyesuaikan tanda tersebut. Misalkan pada
permukaan piston ada tertulis IN maka tanda tersebut kita posisikan pada katup
IN pada kepala silinder.
Sekian share dari saya kali ini,lain waktu saya sambung lagi dengan materi Offset Crankshaft. Semoga Bermanfaat.
0 Komentar untuk "Piston offset - Pada MOTOR STANDART "