Kalau Yamaha Indonesia sudah mulai
menerapkan engine Blue Core di skutik barunya, maka Honda Indonesia juga
bakalan memboyong mesin dengan teknologi eSP. Hal ini ternyata bukan hanya di
terapkan di skutik yang di jual di Indonesia saja, namun Thailand juga sedang
bersiap siap untuk merilis skutik baru dengan teknologi eSP engine. eSP sendiri
sebenarnya merupakan sebuah singkatan dariEnhanced Smart Power. Apa sih keunggulan teknologi eSP itu…? kok PD amat Honda
menerapkan teknologi ini ke semua varian maticnya..? bagi yang belum paham bener
mengenai teknologi eSP, berikut kutipan dari otomotif
10 keunggulan teknologi eSP gan…!
1. ACG starter dan ISS, starter di buat menyatu dengan alternator.
Karena tidak ada motor starter dan susunan gigi starter maka suara saat
menyalakan motor jadi sangat sunyi. Komponen ini klop disandingkan dengan
idling stop system (ISS). ISS adalah teknologi yang memungkinkan mesin mati
pada kondisi langsam lebih dari 3 detik. Sangat berguna menghemat bahan bakar
ketika berhenti di lampu merah.
2. Fuel Injector, pada skutik Honda memiliki semprotan bahan bakarnya
paling halus diantara kompetitornya. “Kami juga sudah patenkan komponen ini.
3. Roller Rocker Arm, sudah tidak asing lagi namun pada skutik Honda
disempurnakan dengan laher bambu pada as rocker arm dan memiliki ukuran roller
yang lebih kecil. Jadi lebih ringan dan gesekannya berkurang. Komponen yang
didesain khusus oleh Honda ini pun sudah dipatenkan.
4. Compact Combustion Chamber pada ruang bakar disempurnakan
dengan menghilangkan hambatan pada saluran masuk bahan bakar. Kalau umumnya
terdapat sudut yang bisa menghambat aliran kabut bahan bakar, kini dibuat lebih
lancar.
5. Offset Cyclinder & Spiny Sleeves, Ini adalah dua hal yang
berbeda. Offset cylinder adalah posisi piston dan setang piston saat TMA (titik
mati atas) yang tidak sejajar dengan posisi sumbu kruk as. Manfaatnya, ketika
langkah usaha atau kompresi, gesekan antara piston dan dinding silinder semakin
kecil. Piston dan setang piston akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding
silinder secara berlebih.
Sedang spiny sleeve adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di balik
dinding silinder. Fungsinya untuk melepas panas lebih cepat. Teknologi ini juga
dipakai pada blok silinder Honda CBR 250R.
6. Light Weight Piston &
Crankshaft, sesuai namanya piston yang dipakai lebih ringan bila dibandingkan
dengan komponen terdahulu. Pin dan rumah pin piston dibuat lebih kecil, selain
ringan juga mengurangi bidang gesek antara piston dan dinding silinder. Sedang kruk as dibuat lebih kuat dan mengurangi getaran, caranya dengan
menggunakan bearing kruk as yang lebih besar.
7. Breather Passage. Di balik blok silinder, selain ada jalur air
radiator juga terdapat lubang pendinginan. Lubang ini mengalirkan uap panas di
dalam mesin ke luar. Pada model sebelumnya panas hanya dibuang lewat jalur
rantai keteng. Kalau sekarang ada dua jadi lebih dingin dan mesin lebih ringan
bekerja.
8. Built in Liquid Cooling
System adalah sistem pendinginan air pada eSP engine yang diklaim lebih
baik. Kini jalur airnya tidak hanya terdapat pada kepala silinder tapi juga ada
di balik dinding silinder. Selain itu radiatornya memiliki core atau sekat
lebih banyak.
9. V-Matic, transmisi otomatis pada
eSP engine memiliki rasionya lebih lebar dan dirancang dengan belt baru dengan
elastisitas karet yang tinggi. Efeknya lebih awet dan mengurangi gejala selip.
10. Transmission memiliki
penyempurnaan pada gigi transmisi di belakang CVT juga banyak mengalami perubahan.
Utamanya dengan konstruksi rib atau tulangan baru, Honda pun bisa mengurangi
jumlah olinya agar lebih ringan bekerja. Beberapa bearing juga ditambahkan agar
gigi transmisi lebih halus dan bebas getaran.
Nah sekarang sudah ngerti
kan mengenai beberapa hal yang di unggulkan menyangkut teknologi mesin eSP dari
Honda ini….? kira kira jos ngak ya 10 inti utama dari teknologi eSP di atas…? jos atau tidak…utarakan di kolom komentar. Semoga
Bermanfaat.
Tag :
accu
0 Komentar untuk "Motor Standart Dengan Tegnologi eSP"