Mengenal Lebih Jauh tentang Radiator
Anda, sekarang bisa menyebutkan motor Honda apa saja yang menggunakan radiator? Ya,
sebagaimana kita tahu beberapa motor Honda dengan mesin injeksi keluaran baru
sudah menganut sistem pendinginan menggunakan cairan alias water cooler. Nah
kita bahas dari awal dulu ya apa sih sebenernya radiator dan kenapa harus pakai
radiator.
Radiator adalah bagian dari sebuah sistem pendinginan mesin untuk meredam
panas hasil pembakaran bahan bakar. Sistem pendinginan mesin terdiri dari
beberapa part seperti :
1. Radiator. Part yang terlihat
banyak kisi-kisi atau celah-celah kecil yang tersusun rapi berbahan aluminium.
Dan biasanya diletakkan di depan mesin menghadap angin masuk.
2. Kipas radiator. Part yang
berfungsi membantu memaksimalkan proses pendinginan radiator. Walaupun radiator
dah terbuat dari bahan aluminium yang terbukti baik dalam penyerapan dan
pelepasan panas, namun pada suhu tertentu yaitu diatas 80 derajat celcius,
sangat memerlukan bantuan pendingin radiator dengan kipas ini, sehingga
temperatur mesin dapat di jaga lebih ideal. Kipas ini juga membantu saat
pendinginan mesin motor Honda-mu dikala macet macetan. Jadi angin masih tetap
didapat dan dihembuskan.
3. Water Pump. Atau disebut pompa
cairan radiator yang berfungsi mensirkulasikan cairan radiator dari silinder
block (water jacket) lalu head untuk mengambil panas lalu cairan masuk ke
radiator untuk dibuang panasnya. Pompa ini bekerja terus-menerus selama mesin
bekerja, ada yang menggunakan putaran crankshaft, ada juga meminta putaran
noken as alias camshaft, bahkan ada pula yang memakai pompa elektris yang
diputar oleh aki. Pompa air ini menggunakan type pompa sentrifugal yang
menggunakan sudu-sudu atau propeler untuk menimbulkan tekanan atau head energy
agar dapat bersirkulasi ke seluruh lintasan selang radiator.
4. Thermo Sensor. Piranti ini berfungsi
membaca suhu cairan yang keluar dari silinder head atau mesin dan akan mau
masuk ke radiator. Penempatan ini dimaksudkan agar suhu yang dibaca merupakan
suhu panas yang terjadi di silinder head.
Nah setelah kita kenal apa radiator
dan part pendukungnya sekarang kita bahas kenapa harus pakai radiator.
Pertama nih, mesin tersebut biasanya
mempunyai kompresi yang tinggi sehingga hasil pembakarannya menimbulkan panas
yang lebih dari mesin dengan kompresi lebih rendah. Nah dengan panas yang lebih
ini biasanya mesin tidak sanggup hanya didinginkan oleh kisi kisi mesin. Jadi harus dibantu dengan radiator.
Kedua, mesin kondisi tertutup dan susah mendapatkan asupan udara maksimal.
Contoh : mobil dan motor berfairing. Kap mesin atau fairing menutupi hampir seluruh
mesin sehingga mesin tidak dapat bernafas dengan lega.
Oke, selanjutnya kelebihan dan kekurangannya menggunakan radiator pada
motor Honda. Kita mulai dari kelebihannya nih, yang jelas mesin bisa dalam
kondisi panas ideal secara konstan. Dimana pembakaran tidak akan terganggu
dengan panas berlebih saat mesin bekerja yang biasanya bikin pembakaran jadi
ngaco karena bahan bakar terbakar lebih dahulu sebelum waktunya. Selanjutnya
dengan suhu yang terjaga ini mesin akan bekerja sempurna sehingga tenaga pun
sempurna.
Kelebihan selalu ditemani oleh kekurangan, nah radiator ini biasanya lebih
mahal sehingga harga kendaraannya pun akan lebih mahal. Yang selanjutnya adalah
perawatan yang harus ekstra. Bila salah satu part system pendinginan yang
disebutkan di atas mengalami kerusakan atau tidak bekerja sempurna maka
pendinginan akan tidak maksimal dan kerusakan mesin menghantui. Seperti cylinder
head melenting dan sebagainya.
Nah sekarang anda tinggal pilih, Air
cooled or water cooled? Semua punya kelemahan dan keunggulan masing-masing!
Sekian dulu share saya kali ini, Semoga
Bermanfaat
0 Komentar untuk "Mengenal Lebih Jauh tentang Radiator"