MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

MOTOR STANDART VARIO - Trouble-shooting

MESIN TIDAK MAU HIDUP, ATAU SULIT DIHIDUPKAN
1. Pemeriksaan Saluran Bahan Bakar
Lepaskan slang bahan bakar pada karburator dan terapkan tekanan vakum pada fuel auto valve. Apakah bahan bakar mengalir dengan bebas?
TIDAK
• Saluran bahan bakar tersumbat
• Fuel auto valve tersumbat
• Lubang pernapasan fuel tank tersumbat
• Fuel strainer (saringan bahan bakar) tersumbat
YA - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 2.
2. Pemeriksaan Busi
Lepaskan dan periksa busi. Apakah busi basah?
YA
• Karburator banjir
• Starting enrichment (SE) thermal valve tidak bekerja dengan baik
• Throttle valve terbuka
• Air cleaner (saringan udara) kotor
• Pilot screw tidak disetel dengan benar
TIDAK - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 3
3. Test Percikan Bunga Api Busi
Jalankan test busi. Apakah bunga api lemah atau tidak ada bunga api?
YA
• Busi tidak bekerja dengan baik
• Busi kotor
• Kabel-kabel sistem pengapian longgar atau terlepas
• Kabel busi putus atau ada hubungan singkat
• Ignition coil (koil pengapian) tidak bekerja dengan baik
• Ignition pulse generator tidak bekerja dengan baik
• Kunci kontak tidak bekerja dengan baik
• Ignition control modle (ICM) tidak bekerja dengan baik
• Side stand switch tidak bekerja dengan baik
• Kawat side stand switch putus
TIDAK - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 4
4. Pemeriksaan Kompressi Cylinder
Periksa kompressi cylinder. Apakah tekanan kompressi sesuai dengan spesifikasi?
TIDAK 
• Klep macet terbuka
• Cylinder dan piston rings aus
• Cylinder head gasket rusak
• Klep macet
• Kontak dudukan klep tidak benar
• Waktu pembukaan klep tidak benar
YA - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 5
5. Kondisi Menghidupkan Mesin
Hidupkan mesin dengan mengikuti prosedur normal. Apakah mesin hidup tetapi berhenti kembali?
YA 
• SE thermal valve tidak bekerja dengan baik
• Inlet pipe bocor
• Karburator tidak disetel dengan benar
• Karburator tersumbat
• Waktu pengapian tidak tepat (ICM atau ignition pulse generator tidak     bekerja dengan baik)
• Bahan bakar tercemar

MESIN KEKURANGAN TENAGA
1. Pemeriksaan Oli Mesin
Periksa tinggi permukaan dan kondisi oli.
Apakah tinggi permukaan oli benar dan oli berada dalam kondisi baik?
TIDAK
• Tinggi permukaan oli terlalu tinggi/rendah
• Oli tercemar
YA - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 2
2. Pemeriksaan Peralatan Penggerak Roda
Naikkan roda lepas tanah dan putar dengan tangan. Apakah roda berputar dengan bebas?
TIDAK 
• Rem menyangkut
• Bantalan final reduction dan driven pulley aus atau rusak
• Final shaft bengkok
YA - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 3
3. Pemeriksaan Tekanan Udara Ban
Periksa tekanan udara ban depan dan belakang. Apakah tekanan udara ban terlalu rendah?
YA
• Pentil ban tidak bekerja dengan baik
• Ban bocor
TIDAK - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 4
4. Pemeriksaan Busi
Lepaskan dan periksa busi. Apakah busi dalam kondisi baik?
TIDAK 
• Busi kurang sering diservis
• Derajat panas busi tidak sesuai
• Busi tidak bekerja dengan baik
YA - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 5
5. Pemeriksaan Karburator
Periksa karburator terhadap penyumbatan. Apakah karburator tersumbat?

YA - Karburator kurang sering diservis
TIDAK
LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 6
6. Pemeriksaan Waktu Pengapian
Periksa waktu pengapian. Apakah waktu pengapian benar?
TIDAK 
• Ignition control module (ICM) tidak bekerja dengan baik
• Ignition pulse generator tidak bekerja dengan baik
YA 
LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 7
7. Pemeriksaan Kompressi Cylinder
Periksa kompressi cylinder. Apakah kompressi sesuai dengan spesifikasi?
 TIDAK 
• Klep macet terbuka
• Cylinder dan piston rings aus
• Cylinder head gasket rusak
• Klep macet
• Kontak dudukan klep tidak benar
• Waktu pembukaan klep tidak benar
YA
LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 8
8. Pemeriksaan Apakah Mesin Panas Berlebihan
Periksa apakah mesin panas berlebihan. Apakah mesin panas berlebihan?
YA
• Tinggi permukaan cairan pendingin terlalu rendah
• Thermostat macet tertutup
• Ada pembentukan karbon berlebihan dalam ruang pembakaran
• Pemakaian bahan bakar dengan kualitas buruk
• Campuran bahan bakar terlalu miskin
TIDAK
LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 9
9. Pemeriksaan Mesin Terhadap Knocking (Gejala mengelitik)
Akselerasikan atau jalankan pada kecepatan tinggi. Apakah mesin mengelitik?
YA 
• Piston dan cyllinder aus
• Jenis bahan bakar yang salah
• Ada pembentukan karbon berlebihan pada ruang pembakaran
• Waktu pengapian terlalu maju (ICM tidak bekerja dengan baik)
• Campuran bahan bakar terlalu miskin
TIDAK
LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 10
10 . Pemeriksaan Waktu Pembukaan Klep
Periksa waktu pembukaan klep. Apakah waktu pembukaan klep benar?
 TIDAK
Cam sprocket tidak dipasang dengan baik
YA
LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 11
11. Pemeriksaan Peralatan Penggerak Roda
Periksa peralatan penggerak roda. Apakah peralatan penggerak roda normal?
TIDAK
• Drive belt buruk atau tidak bekerja dengan baik
• Drive pulley buruk atau tidak bekerja dengan baik
• Driven pulley buruk atau tidak bekerja dengan baik
• Clutch shoes aus
Demikian sedikit informasi yang bisa saya bagikan mudah - mudahan bermanfaat bagi yang membutuhkan terima kasih…..

0 Komentar untuk "MOTOR STANDART VARIO - Trouble-shooting "

Back To Top