MESIN TIDAK MAU HIDUP, ATAU SULIT DIHIDUPKAN
1. Pemeriksaan Saluran Bahan Bakar
Lepaskan
slang bahan bakar pada karburator dan terapkan tekanan vakum pada fuel auto
valve. Apakah bahan bakar mengalir dengan bebas?
TIDAK
• Saluran bahan
bakar tersumbat
• Fuel auto valve
tersumbat
• Lubang
pernapasan fuel tank tersumbat
• Fuel strainer
(saringan bahan bakar) tersumbat
YA -
LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 2.
2. Pemeriksaan Busi
Lepaskan
dan periksa busi. Apakah busi basah?
YA
• Karburator
banjir
• Starting
enrichment (SE) thermal valve tidak bekerja dengan baik
• Throttle valve
terbuka
• Air cleaner
(saringan udara) kotor
• Pilot screw
tidak disetel dengan benar
TIDAK
- LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 3
3. Test Percikan Bunga Api Busi
Jalankan
test busi. Apakah bunga api lemah atau tidak ada bunga api?
YA
• Busi tidak
bekerja dengan baik
• Busi kotor
• Kabel-kabel
sistem pengapian longgar atau terlepas
• Kabel busi
putus atau ada hubungan singkat
• Ignition coil
(koil pengapian) tidak bekerja dengan baik
• Ignition pulse
generator tidak bekerja dengan baik
• Kunci kontak
tidak bekerja dengan baik
• Ignition
control modle (ICM) tidak bekerja dengan baik
• Side stand
switch tidak bekerja dengan baik
• Kawat side
stand switch putus
TIDAK
- LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 4
4. Pemeriksaan Kompressi Cylinder
Periksa
kompressi cylinder. Apakah tekanan kompressi sesuai dengan spesifikasi?
TIDAK
• Klep macet
terbuka
• Cylinder dan
piston rings aus
• Cylinder head
gasket rusak
• Klep macet
• Kontak dudukan
klep tidak benar
• Waktu pembukaan
klep tidak benar
YA -
LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 5
5. Kondisi Menghidupkan Mesin
Hidupkan
mesin dengan mengikuti prosedur normal. Apakah mesin hidup tetapi berhenti
kembali?
YA
• SE thermal
valve tidak bekerja dengan baik
• Inlet pipe
bocor
• Karburator
tidak disetel dengan benar
• Karburator
tersumbat
• Waktu pengapian
tidak tepat (ICM atau ignition pulse generator tidak bekerja dengan baik)
• Bahan bakar
tercemar
MESIN KEKURANGAN TENAGA
1. Pemeriksaan Oli Mesin
Periksa
tinggi permukaan dan kondisi oli.
Apakah
tinggi permukaan oli benar dan oli berada dalam kondisi baik?
TIDAK
• Tinggi
permukaan oli terlalu tinggi/rendah
• Oli tercemar
YA -
LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 2
2. Pemeriksaan Peralatan Penggerak Roda
Naikkan
roda lepas tanah dan putar dengan tangan. Apakah roda berputar dengan bebas?
TIDAK
• Rem menyangkut
• Bantalan final reduction dan driven
pulley aus atau rusak
• Final shaft
bengkok
YA -
LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 3
3. Pemeriksaan Tekanan Udara Ban
Periksa
tekanan udara ban depan dan belakang. Apakah tekanan udara ban terlalu rendah?
YA
• Pentil ban
tidak bekerja dengan baik
• Ban bocor
TIDAK
- LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 4
4. Pemeriksaan Busi
Lepaskan
dan periksa busi. Apakah busi dalam kondisi baik?
TIDAK
• Busi kurang
sering diservis
• Derajat panas
busi tidak sesuai
• Busi tidak
bekerja dengan baik
YA -
LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 5
5. Pemeriksaan Karburator
Periksa
karburator terhadap penyumbatan. Apakah karburator tersumbat?
YA - Karburator
kurang sering diservis
TIDAK
LANJUTKAN
DENGAN LANGKAH 6
6. Pemeriksaan Waktu Pengapian
Periksa
waktu pengapian. Apakah waktu pengapian benar?
TIDAK
• Ignition
control module (ICM) tidak bekerja dengan baik
• Ignition pulse
generator tidak bekerja dengan baik
YA
LANJUTKAN
DENGAN LANGKAH 7
7. Pemeriksaan Kompressi Cylinder
Periksa
kompressi cylinder. Apakah kompressi sesuai dengan spesifikasi?
TIDAK
• Klep macet
terbuka
• Cylinder dan
piston rings aus
• Cylinder head
gasket rusak
• Klep macet
• Kontak dudukan
klep tidak benar
• Waktu pembukaan
klep tidak benar
YA
LANJUTKAN
DENGAN LANGKAH 8
8. Pemeriksaan Apakah Mesin Panas Berlebihan
Periksa
apakah mesin panas berlebihan. Apakah mesin panas berlebihan?
YA
• Tinggi
permukaan cairan pendingin terlalu rendah
• Thermostat macet
tertutup
• Ada pembentukan
karbon berlebihan dalam ruang pembakaran
• Pemakaian bahan
bakar dengan kualitas buruk
• Campuran bahan
bakar terlalu miskin
TIDAK
LANJUTKAN
DENGAN LANGKAH 9
9. Pemeriksaan Mesin Terhadap Knocking (Gejala mengelitik)
Akselerasikan
atau jalankan pada kecepatan tinggi. Apakah mesin mengelitik?
YA
• Piston dan
cyllinder aus
• Jenis bahan
bakar yang salah
• Ada pembentukan
karbon berlebihan pada ruang pembakaran
• Waktu pengapian
terlalu maju (ICM tidak bekerja dengan baik)
• Campuran bahan
bakar terlalu miskin
TIDAK
LANJUTKAN
DENGAN LANGKAH 10
10 . Pemeriksaan Waktu Pembukaan Klep
Periksa
waktu pembukaan klep. Apakah waktu pembukaan klep benar?
TIDAK
Cam sprocket
tidak dipasang dengan baik
YA
LANJUTKAN
DENGAN LANGKAH 11
11. Pemeriksaan Peralatan Penggerak Roda
Periksa
peralatan penggerak roda. Apakah peralatan penggerak roda normal?
TIDAK
• Drive belt
buruk atau tidak bekerja dengan baik
• Drive pulley
buruk atau tidak bekerja dengan baik
• Driven pulley
buruk atau tidak bekerja dengan baik
• Clutch shoes aus
Demikian sedikit informasi yang bisa saya bagikan
mudah - mudahan bermanfaat bagi yang membutuhkan terima kasih…..
0 Komentar untuk "MOTOR STANDART VARIO - Trouble-shooting "