Tegnologi Motor Standart Offset Crankshaft.
Satu lagi tegnologi yang ada di motor Honda saat ini yaitu offset Crankshaft,tegnologi
ini dipakai pada motor-motor maju dan berorientasi pada masa depan.
Offset......? mungkin pernah kalian dengar pada piston. Dimana lubang pen
piston bergeser dari garis sumbu silinder. Pada crankshaft juga sama. Garis
sumbu poros engkol bergeser dari garis sumbu silindernya.
Sehingga crankcase offset membikin piston saat berada di titik mati atas
(TMA) , titik tengah pen as kruk dengan titik tengah pen piston tidak sejajar.
Tidak segarisnya pen as kruk dan pen piston akan mengurangi gesekan antara
piston dengan liner, ketika piston bekerja naik turun di dalam silinder.
Bila motor tidak berorientasi pada teknologi crankcase offset kerugian
sangat mungkin terjadi. Saat piston bergerak naik akan terjadi persinggungan
yang besar antara piston dengan dinding silinder.
Gesekan piston dan liner terus-menerus akan membuat sedikit demi sedikit dinding
silinder maupun ring piston tak terkecuali permukaan piston akan tergerus.
Keausan ini biasanya akan membuat liner cekung. ring piston tak presisi lagi
menapak ke liner. Ada gap atau lubang.
Kebocoran disetiap langkah kerja mesin menghantui. Tenaga tak akan maksimal
dimuntahkan dapur pacu. Apa kalian pengin punya motor bermasalah atau
merugikan? Bila kalian pintar tentu tidak. Motor yang menguntungkan akan
dipinang.
Seperti hanya dengan mesin Honda Revo 110 yang menerapkan offset
crankshaft. Banyak manfaat bisa kalian dapatkan. Asyik dan enak.
Pertama gesekan jadi minim. Bagaimana ini terjadi? Begini ceritanya. Kerja piston di dalam dinding silinder translasi. Maju mundur atau naik
turun. Bila gesekan minim gerakan piston bakal lebih enteng. Gerakan piston
yang ringan akan membuat kerja piston cepat. Hambatan kinerja mesin yang bisa
mengurangi daya dapur pacu kecil.
Minimnya gesekan juga menghindarkan dari kebocoran setiap langkah kerja.
Langkah pembakaran, kompresi, kerja dan pembuangan akan lebih sempurna. Mesin
yang power full, responsif sekaligus irit dalam konsumsi bahan bakar terjadi.
Manfaat lain dari gesekan
yang minim ini pada komponennya sendiri. Liner akan lebih awet. Masa pakai
komponen mesin bisa panjang. Artinya pengeluaran dana untuk penggantian liner
dalam waktu dekat bisa ditiadakan. Dengan bahasa yang sederhana, teknologi ini
membuat hidup kita jadi lebih ekonomis.demikian yang bisa saya share, semoga
bermanfaat
0 Komentar untuk "Tegnologi Motor Standart Offset Crankshaft. "