Motor Standart Injeksi, Pilih Busi Berkode R
Anda, pasti udah tau nih
kalau motor Honda sekarang seluruhnya udah menggunakan sistem pengabutan
injeksi yang terkenal irit BBM, minim polusi, namun performanya tetep mak
joss! Nah buat anda yang udah menggunakan motor injeksi, mesti rada
hati-hati nih dalam memilih busi. Soalnya businya rada beda nih!
Secara kasat mata emang
bentuknya sama aja sih. Jangan dibayangin kalau buat motor injeksi bakalan
ukurannya yg berbeda atau bentuknya yg jadi aneh. Perbedaannya terletak pada
komponen Resistor pada businya!
Nah, busi dengan tambahan
resistor lazimnya diberi tambahan huruf R pada kodenya. Misalkan Supra X125
karbu memiliki kode busi C7HSA, maka Supra X125 FI memiliki kode busi CR7HSA.
Emangnya apa sih bedanya?
Oke kita jelasin dulu nih
. Motor dengan sistem pengabutan injeksi memiliki sensor-sensor untuk
meningkatkan performa kinerja motor. Data dari sensor-sensor ini akan diproses
di Electronic Control Module (ECM) untuk menghasilkan sistem pembakaran yang
optimal.
Namun sensor-sensor ini
gak bisa menerima gangguan elektromagnetik tinggi. Nah, busi adalah salah satu
komponen yang menghasilkan gelombang elektromagnetik yang tinggi pada saat
motor dihidupkan. Jadi dengan adanya resistor, gelombang elektromagnetik yang
ditimbulkan pada busi dapat diredam sehingga kinerja sensor-sensor dapat
terjaga.
Berarti pakai motor
injeksi lebih ribet dong? Ya nggak lah. Justru pakai motor injeksi lebih minim
perawatan kok. Sensor-sensor, throttle body, dan injektornya kan gak perlu
dicek atau dibersihin berkala kayak bersihin karburator.
Sekarang ini motor
injeksi udah gak aneh lagi, jadi nyari spareparts kayak busi dengan kode R juga
udah gak susah. Banyak kok yang menjual busi khusus injeksi.
Trus kalau ada yang nanya efek menggunakan busi
ber-resistor buat motor karburator gimana? Tentunya gak ngaruh dong. Kan
motor karburator gak ada sensor-sensornya. Jangan sampe tertipu ulah pedagang
nakal yang bilang kode R itu adalah singkatan dari Racing! Sekian share dari
saya. Semoga Bermanfaat
0 Komentar untuk "Motor Standart Injeksi, Pilih Busi Berkode R"