MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Autochoke pada Motor Standart Matic Honda

Autochoke pada Motor Standart Matic Honda
  Pada saat pagi temperatur udara menjadi dingin, proses pencampuran bahan bakar dan udara menjadi kurang tepat (campuran miskin). Tidak Stoikiometri (dalam istilah kimia, red). akibatnya motor menjadi susah di starter. Agar memudahkan, maka motor dilengkapi dengan alat pengaya bahan bakar, namanya Choke.
 Pada saat mesin dingin maka perlu di-choke agar motor lebih mudah distarter, dan bila temperatur mesin sudah hangat maka choke harus dimatikan, agar putaran stationer atau langsam-nya halus dan tidak boros bahan bakar.
Pada motor matik misalnya, tentu agak ribet kalau motor matik harus menarik choke setiap pagi. “Mestinya namanya bukan motor matik lagi kalo begitu. Tetapi motor setengah matik atau lebih lengkapnya motor transmisinya saja yang matik,”
Pada motor matik Honda Anda tidak perlu menarik choke setiap pagi, karena motor matik Honda dilengkapi dengan sistem Choke Automatis atau disebut dengan nama Autochoke.
 Choke berfungsi memperkaya bahan bakar bila diperlukan, sistem kerjanya dengan menambahkan bahan bakar atau menghalangi sejumlah udara yang masuk, sehingga campuran bahan bakar udara menjadi lebih kaya. Gambar1
Pada Autochoke Matic Honda (Vario, Beat dan Scoopy), choke berfungsi menambah suplay bahan bakar saat awal start. Alat atau perlengkapan ini dijalankan secara elektronik dan berfungsi secara otomatis. Jadi tidak perlu menarik tuas choke, dan jangan dicari tuas choke-nya karena memang tidak ada tuasnya.
Pada gambar di atas terlihat terlihat cara kerja autochoke, di mana autochoke bekerja secara elektronik.
 Saat kondisi mesin dingin, saluran bahan bakar tambahan masih terbuka.
Dengan terbukanya saluran bahan bakar maka campuran udara dan bahan bakar menjadi kaya sehingga motor menjadi mudah dihidupkan. Saat motor cukup panas, CDI akan mengalirkan arus ke heater yang terdapat di autochoke. Lihat perbedaan jaraknya antara gambat 1 dan 2 ( A dan B ).
 Heater tersebut memanaskan thermowax, yang kemudian akan mengembang sehingga mendorong Jet Needle menutup saluran bahan bakar tambahan (Needle Jet) sehingga campuran bahan bakar menjadi normal kembali (campuran stoikiometri). Gambar 2 Saat motor dimatikan dan menjadi dingin maka pegas akan mendorong termowax kembali ke atas sehingga saluran tambaha bahan bakar terbuka kembali setelah mesin dingin. Motorpun menjadi tetap mudah distarter.
 Tetapi bagaimana bila saat mesin masih dingin terus kunci kontak di-ON-kan dan motor tidak langsung distarter? “Tenang, autochoke bekerja secara elektronik yang sistem kerjanya diperintah atau diatur oleh CDI unit. CDI unit tidak akan memerintahkan auto choke menutup bila motor belum menyala hingga mesin mencapai temperatur optimal,”

bila sobat sudah meng-ON-kan Skuter Matic Honda-nya dan tiba-tiba diajak ngobrol, maka Autochoke-nya tetap bekerja secara normal. Skuter Matic Hondanya masih tetap mudah dihidupkan.sekian dulu posting saya sampai ketemu lagi, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Autochoke pada Motor Standart Matic Honda"

Back To Top