MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Piston offset - Pada MOTOR STANDART

PISTON  OFFSET
Dalam pemasangan piston kita memang harus dan selalu memperhatikan tanda yang ada pada permukaan piston. Tanda yang terdapat pada permukaan piston tersebut ada yang berupa huruf ada juga titik dan ada yang menggunakan tanda panah. Dengan adanya tanda tersebut tujuannya biar saat pemasangan piston tidak terbalik.
Emang kenapa kalau terbalik?, ini yang ditanyakan. Padahal kalau kita perhatikan piston terbalik atau tidak secara kasat mata bentuknya sama saja. “Salah, kalau kita perhatikan lebih seksama lagi atau kita lakukan pengukuran yang presisi titik tengah dari pena piston tidak tepat berada di tengah-tengah”.                                                                                                                           
     
Menurut para pakar engine hal tersebut terkait dengan adanya Piston offset yang ada pada masing-masing sepeda motor. “Piston Offset merupakan konstruksi pada mesin yang menunjukkan bahwa titik tengah dari piston dan titik tengah dari poros engkol tidak segaris,”
 Nah sekarang apa pengaruhnya jika pemasangannya terbalik?. “ Piston Offset tersebut berfungsi untuk memperkecil gaya tekan ke samping dari sisi piston yang  menekan silinder,”
Jika pemasangan sampai terbalik maksudnya sisi piston yang seharusnya berada di sisi IN ditempatkan di sisi EX, pengaruhnya pada kinerja mesin sangat besar. Yang bisa langsung kita dengarkan dari suara mesin yang berubah menjadi kasar. Hal tersebut karena gaya gesek yang terjadi semakin besar.
Disamping itu juga, keausan menjadi lebih cepat karena besarnya gesekan yang terjadi antara piston dengan dinding silinder tersebut.
“Untuk itu perlu diingat-ingat saat pemasangan jangan sampai terbalik, perhatikan tanda yang ada pada permukaan piston,”
Tanda yang ada pada piston bermacam-macam ada tanda IN tapi ada juga EX, dan juga tanda panah, kita tinggal menyesuaikan tanda tersebut. Misalkan pada permukaan piston ada tertulis IN maka tanda tersebut kita posisikan pada katup IN pada kepala silinder.
Sekian share dari saya kali ini,lain waktu saya sambung lagi dengan materi Offset Crankshaft. Semoga Bermanfaat.
0 Komentar untuk "Piston offset - Pada MOTOR STANDART "

Back To Top