MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Tegnologi Motor Standart Offset Crankshaft.

Tegnologi Motor Standart Offset Crankshaft.
Satu lagi tegnologi yang ada di motor Honda saat ini yaitu offset Crankshaft,tegnologi ini dipakai pada motor-motor maju dan berorientasi pada masa depan.
Offset......? mungkin pernah kalian dengar pada piston. Dimana lubang pen piston bergeser dari garis sumbu silinder. Pada crankshaft juga sama. Garis sumbu poros engkol bergeser dari garis sumbu silindernya.
Sehingga crankcase offset membikin piston saat berada di titik mati atas (TMA) , titik tengah pen as kruk dengan titik tengah pen piston tidak sejajar. Tidak segarisnya pen as kruk dan pen piston akan mengurangi gesekan antara piston dengan liner, ketika piston bekerja naik turun di dalam silinder.
Bila motor tidak berorientasi pada teknologi crankcase offset kerugian sangat mungkin terjadi. Saat piston bergerak naik akan terjadi persinggungan yang besar antara piston dengan dinding silinder.
Gesekan piston dan liner terus-menerus akan membuat sedikit demi sedikit dinding silinder maupun ring piston tak terkecuali permukaan piston akan tergerus. Keausan ini biasanya akan membuat liner cekung. ring piston tak presisi lagi menapak ke liner. Ada gap atau lubang.
Kebocoran disetiap langkah kerja mesin menghantui. Tenaga tak akan maksimal dimuntahkan dapur pacu. Apa kalian pengin punya motor bermasalah atau merugikan? Bila kalian pintar tentu tidak. Motor yang menguntungkan akan dipinang.
Seperti hanya dengan mesin Honda Revo 110 yang menerapkan offset crankshaft. Banyak manfaat bisa kalian dapatkan. Asyik dan enak.
Pertama gesekan jadi minim. Bagaimana ini terjadi? Begini ceritanya. Kerja piston di dalam dinding silinder translasi. Maju mundur atau naik turun. Bila gesekan minim gerakan piston bakal lebih enteng. Gerakan piston yang ringan akan membuat kerja piston cepat. Hambatan kinerja mesin yang bisa mengurangi daya dapur pacu kecil.
Minimnya gesekan juga menghindarkan dari kebocoran setiap langkah kerja. Langkah pembakaran, kompresi, kerja dan pembuangan akan lebih sempurna. Mesin yang power full, responsif sekaligus irit dalam konsumsi bahan bakar terjadi.
Manfaat lain dari gesekan yang minim ini pada komponennya sendiri. Liner akan lebih awet. Masa pakai komponen mesin bisa panjang. Artinya pengeluaran dana untuk penggantian liner dalam waktu dekat bisa ditiadakan. Dengan bahasa yang sederhana, teknologi ini membuat hidup kita jadi lebih ekonomis.demikian yang bisa saya share, semoga bermanfaat

Tag : CUB, Engine, MATIC, Motor, SPORT
0 Komentar untuk "Tegnologi Motor Standart Offset Crankshaft. "

Back To Top