MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

MOTOR STANDART MATIC - FUNGSI ROLLER

Fungsi roller di Motor Standart Matic
Ngomongin soal motor matic, kendaraan ini jelas jadi primadona di Indonesia saat ini. Anda bisa buktikan sendiri dengan melihat keberadaannya yang selalu nongol di jalanan. Bahkan motor Matic Honda seperti Honda BeAT dan Vario series benar-benar merajai penjualan sepeda motor di Indonesia lho Brosis!
Motor matic memang punya daya tarik tersendiri, yaitu kemudahan pengoperasiannya. Anda enggak perlu lagi oper naik turunin gigi. Tinggal gas langsung ngacir karena motor matic dibekali dengan system continous variable transmission (CVT). Tentu cara merawatnya beda sama motor bebek atau sport dong!
Nah sekarang Motor Standart bahas nih salah satu komponen vital di dalam system CVT motor matic, yaitu roller! Roller adalah sebuah komponen yang berada di bagian pulley depan atau pulley primer pada sepeda motor jenis matic. Motor jenis matic menggunakan penghubung berupa drivebelt  yang bertumpu pada pulley. Nah roller yang merupakan pemberat yang mengatur besar kecilnya diameter pulley yang berhubungan dengan perbandingan reduksi putaran mesin.
Lihat Gambar disamping.
Bingung ? Sekarang anda bayangin motor bebek atau sport aja, nah pulley depan adalah gear depan, pulley belakang adalah gear belakang. Sedangkan drive belt itu ibarat rantainya! Kalau anda sempat memperhatikan mekanik membongkar bagian CVT motor anda, roller letaknya di pulley depan. Bentuknya ya bundar seperti kerikil!
Fungsi dari bentuk bundar dan sempurna mempermudah pergerakan dari pulley. Roller ini ada umurnya juga. Bila bentuknya sudah tidak bundar, maka sudah waktunya andamengganti Roller motor matic kesayangan.
Kalau motor biasa bisa diutak atik performanya dengan mengganti gir depan dan belakang, maka motor matic bisa dioprek juga dengan mengganti rollernya nih. Anda bisa mengorbankan akselerasi namun mendapatkan top speed yang lebih tinggi dengan menggunakan roller yang lebih berat. Sebaliknya, jika anda pengen mendapatkan akselerasi yang lebih responsive namun top speed akan sedikit berkurang anda bisa menggunakan roller yang lebih ringan!
Demikian yang bisa saya share kali ini, semoga artikel ini menjadi pengetahuan kita bersama.  Semoga Bermanfaat
Tag : CVT, MATIC, Motor
0 Komentar untuk "MOTOR STANDART MATIC - FUNGSI ROLLER "

Back To Top