MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Motor Standart.VARIO 125 - Fitur Teknologi ISS

Mengenal Fitur Teknologi ISS Lebih Dalam.
Ngomongin soal teknologi motor yang satu ini, jadi teringat kisah kawan yang protes ke AHASS gara-gara motornya sering mati ketika di lampu merah. “Masa nutup gas, gak lama, mesinnya mati! Padahal motor saya belum ada sebulan umurnya!” keluhnya sembari menahan jengkel ke mekanik AHASS. Usut punya usut, ternyata sang kawan membeli motor Vario 125 teranyar dengan fitur CBS ISS. Alhasil, muka sang kawan pun memerah malu ketika dijelaskan teknologi tersebut oleh sang mekanik. Duh… 
ternyata penting sebelum membeli sepeda motor mengetahui fitur-fitur yang ada di dalam sebuah produk. Biar kejadian seperti kawan tersebut terjadi pada anda. Yuk kita bahas tentang teknologi Idling Stop System (ISS) di motor Honda.
   Di Indonesia, baru dua tipe motor yang memiliki fitur ISS, yaitu Honda PCX 150 & Honda Vario Techno 125 CBS-ISS.  Jadi apa sih sebenarnya teknologi ISS itu? Dan bagaimana cara kerjanya? Simak dulu penjelasannya,
Jadi begini, normalnya kan kalo mesin menyala, mesin akan terus melakukan pembakaran bahan bakar. Proses tersebut akan berlanjut sampai mesin dimatiin. Dengan kata lain, ketika berhenti di kemacetan atau menunggu lampu pengatur lalu lintas, mesin membakar bensin sia-sia tuh.
Anda bisa menghemat bahan bakar dengan cara mematikan mesin. Ketika siap berjalan, baru deh nyalain mesin lagi. Masalahnya, cara ini terbilang repot. Anda mesti menstarter mesin motornya dulu, baru bisa jalan lagi.
Nah fitur ISS ini memberikan solusi dari masalah tersebut. Sistem ISS akan mematikan mesin motor secara otomatis jika gas ditutup selama tiga detik ketika motor dalam keadaan berhenti. Ketika motor siap dilajukan kembali, cukup buka throttle gas saja. Mesin akan langsung menyala. Motor anda bisa langsung jalan lagi nih!
Dengan mematikan mesin saat berhenti ternyata mampu mengurangi konsumsi bensin sebesar 7% lho . Angka tersebut didapat dari metode pengukuran ECE R40. Apalagi tuh ECE R40? Metode ini adalah cara pengukuran konsumsi bensin yang sudah diakui secara internasional. Caranya, motor akan dijalankan hingga kecepatan yang sudah ditentukan, lalu melakukan deselerasi (perlambatan)hingga berhenti. Kemudian dilajukan lagi hingga kecepatan tertentu, deselerasi, berhenti, lalu maju lagi. Terus aja diulang. Nanti penguji akan mengetes konsumsi bensin dari motor tersebut.
Kalo melihat penjelasan dari ECE R40, mungkin anda langsung kebayang, “Ah ini sih sama aja kayak metode Stop And Go saat macet!” Ya memang seperti itulah metodenya. Pengukuran konsumsi bensin dilakukan seperti keadaan langsung di lapangan yang kondisinya sering Stop And Go seperti itu. Hasilnya tentu lebih akurat
   Balik lagi ke teknologi ISS yang Brosis, cara penggunaan fitur ISS juga terbilang mudah. Cukup nyalakan switch ISS agar fitur tersebut aktif. Kalau sudah nyala, ya berkendara seperti biasa aja . Gak ada penurunan performa kok. Yang jelas, mesin akan mati secara otomatis jika motor berhenti total selama 3 detik.
“Yah kalo pas berhenti nanti mati sendiri, gak bisa manasin motor dong!” Mungkin begitu pertanyaan yang ada di benak anda. Nah, agar fitur ISS bisa aktif, mesin harus mencapai suhu optimal dahulu, yaitu sebesar 60 derajat celcius. Kurang suhu tersebut, ISS belum aktif nih. Jadi Brosis juga gak perlu khawatir jika ISS tidak aktif saat mesin masih dingin. Ya memang begitulah cara kerjanya ISS!
Nah motor yang telah dilengkapi dengan sistem ISS juga dilengkapi oleh AC Generator (ACG). Dengan ACG, mesin tidak akan terdengar kasar ketika distarter. Suara ringkikan kuda saat menstarter tentunya tidak akan muncul lagi. Tekan starter, mesin langsung menyala. 
Dalam mendesain sebuah teknologi, Honda terkenal tidak setengah-setengah nih. Coba bayangin kalau motor yang dilengkapi sistem ISS belum menggunakan ACG. Setiap perempatan dengan lampu pengatur lalu lintas atau jalan yang macet bakal penuh suara ringkikan kuda. Ini jalan raya atau lapangan pacuan kuda? Kalo dipikir-pikir, ISS juga punya kepanjangan lain lho selain Idling Stop System, yaitu teknologi yang Innovative, Sophisticated, and Safety. Setuju gak.Sekian dulu share dari saya, Semoga Bermanfaat

0 Komentar untuk "Motor Standart.VARIO 125 - Fitur Teknologi ISS"

Back To Top